Tata Cara Mandi Besar / Mandi Wajib / Mandi Janabah

tata cara mandi besar

Tata cara Mandi Besar atau Mandi Wajib atau mandi Junub / Janabah adalah rangkaian cara mandi bagi orang yang ingin mensucikan diri dari hadats besar karena haidh, nifas dan usai bersetubuh. Adapun mengenai tata cara mandi besar atau mandi junub atau mandi janabah ini dapat kita ketahui dari berbagai hadits yang berkaitan dengan hal tersebut. Hadits-hadits dibawah ini sudah cukup jelas menggambarkan tata cara mandi besar / junub / janabah;

Hadits 1, status: Shahih, diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim:

dari Aisyah ra. dia berkata ” Apabila Rasulullah saw mandi junub, beliau memulai dengan mencuci kedua tangannya, lalu menuangkan air dengan telapak tangan kanannya ke telepak tangan kirinya untuk membasuh kemauluannya, kemudian beliau berwudhu’, lalu mengambil air dan kemudian memasukkan jari-jarinya ke pangkal rambutnya, setelah itu beliau menuangkan air ke atas kepalanya tiga kali, lalu meratakan air ke seluruh badan, kemudian membasuh kedua kakinya.”

Hadits 2, status: Shahih, diriwayatkan oleh Muslim:

Dari Ummu Salamah ra, dia berkata “Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah. Saya ini seorang wanita yang tebal ikatan rambutnya, apa saya perlu melepasnya ketika mandi janabat?’ Dalam sebuah riwayat, ‘Dan Ketika mandi karena haidh?’ Beliau jawab, ‘ Tidak perlu, cukup bagimu menyiramkan air ke kepalamu tiga kali siraman.” Dari hadits yang pertama diatas, kita bisa mengetahui bahwa tata cara mandi besar / junub / janabah adalah:

  1. Mencuci kedua tangan
  2. Menuangkan air ke tangan kanan
  3. Dari tangan kanan air di tuang ke tangan kiri untuk mencuci kemaluan
  4. Berwudhu
  5. Mengambil air lalu memasukkan jari-jari ke pangkal rambut
  6. Menuangkan air ke kepala 3x
  7. Meratakan air keseluruh tubuh
  8. Mencuci kaki.

Selain hal-hal diatas, sebagian pendapat mengatakan bahwa niat juga harus hadir mengawali rangkaian tata cara mandi besar atau mandi wajib atau mandi junub / janabah. Walaupun memang, niat tidak harus di ucapkan. Bahkan sampai artikel ini ditulis, penulis belum menemukan satu pun dalil yang menyebutkan bahwa niat harus diucapkan, baik dalam hal yang berkaitan dengan tata cara mandi besar / mandi wajib / mandi junub / janabah ini maupun dalam hal wudhu dan shalat.


cara mensucikan diri dari hadas besar, tata cara mandi besar, doa mensucikan diri setelah bersetubuh, mensucikan diri dari hadas besar, apa doa mandi besar, mandi janabah, mandi mesucikan diri, mensucilan diri dari hadas besar, niat dan tata cara saat mandi junud usai bersetubuh, niat mandi wajib setelah fap fap

46 Response(s)

  1. NN says :

    August 12, 2010

    terimakasih infonya

    Reply
  2. dodo says :

    September 1, 2010

    ah ini ga ada bacaan niat doanya

    Reply
    1. kangmoes says :

      September 2, 2010

      emangnya di kamar mandi boleh baca doa ya mas? peace :)

      Reply
  3. orva says :

    September 13, 2010

    boleh ga mandi wajib kita tunda setelah bangun tidur…..misal 1j1m atau 2 jam kemudian dan mohon bantuan nya

    Reply
    1. kangmoes says :

      September 26, 2010

      setahu saya boleh mas. bahkan Nabi pun dalam hadits pernah tidur dalam keadaan belum mandi wajib bukan? coba di cek di hadits.

      Reply
  4. tita says :

    December 5, 2010

    Tolong barang x ada niatny…

    Reply
  5. nino says :

    April 29, 2011

    mas kalau di kamar mandi saya adnya shower gimana mas…mohon bantuannya mas

    Reply
  6. kevin says :

    June 12, 2011

    sip infonya

    Reply
  7. imam says :

    August 3, 2011

    berapa lamanya…aku mandinya di pemandian umum teruss….

    Reply
  8. anggarangga says :

    August 18, 2011

    saya mau betanya.!
    Bulan Ramadhan saya melakukan hubungan suami istri pd mlm hari trs bgun sahur trs mau mandi ternyata air tidak ada terus sampai matah hari terbit ( apa hukm nya puasa saya)

    Reply
  9. Qie2 says :

    September 20, 2011

    Lo mandi besar d sungai. .gmN MAZ

    Reply
    1. sudirman s.po'o says :

      February 14, 2012

      Lw mandi di sungai untk janabah itu skluan msukan smua bdan ke dlam air llu niat untk bersuci. Insya Allah sah…

      Reply
  10. widji ume auliafatih dua says :

    October 19, 2011

    menarik…

    Reply
  11. widji ume auliafatih dua says :

    October 19, 2011

    copas yah, sedikit modif…

    Reply
  12. joni says :

    January 17, 2012

    ku lg nyari yang lbh simple,tp lengkap,dan sah, :( niat nya ngucpin nya pas apa tuh? Jadi bingung. . . .aq bca di wikipedia juga membingungkan

    Reply
  13. Hadi says :

    February 7, 2012

    Thank You Buat Infonya Dan Salam Buat Umat Islam…………..

    Reply
  14. suprie says :

    February 9, 2012

    sudah jelaz kan?
    Niat, hanya ada dalam hati, gak perlu di lafalkan. Lagipula gak ada dalil yg melafalkan niat.
    Tentang menunda mandi besar, gak masalah. Yg penting cukup berwudhu dulu.

    Reply
  15. sischa ciehuiyyz says :

    February 11, 2012

    mana doanya nih?

    Reply
  16. sudirman s.po'o says :

    February 14, 2012

    lw yang prnah z dengar am ust. z stiap mlakuakn mandi wajib hrus dgan niat ingn mandi janabah wlpun niatnya tidak di ucapkan scra lngsung.

    Reply
  17. danny slalu cinta says :

    February 25, 2012

    😛

    Reply
  18. vendy says :

    February 28, 2012

    niat merupakan awal dari perbuatan, jika perbuatan baik itu hendak dilaksanakan alangkah baiknya hanya kita dan ALLAH yg mengetahuinya.
    sesuai dengan hadist Nabi : jika tangan kanan member i jangan sampai tangan kirimu mengetahuinya.
    niat itu tidak di lafalkan akan tetapi niat harus keluar dari hati yang tulus dan ikhlas.
    begitu pula u/niat sholat dan niat ibadah lainnya.

    Reply
  19. ayu says :

    March 1, 2012

    baguz jg

    Reply
  20. eko says :

    March 5, 2012

    Terima kasih yaa Rasulullah atas panduannya

    Reply
  21. amelia says :

    March 11, 2012

    thx_cukup_membantu.

    Reply
  22. masfudind says :

    March 11, 2012

    kok gak ada niat bacaanya

    Reply
  23. erphien says :

    March 21, 2012

    trims

    Reply
  24. ovi matondang says :

    April 1, 2012

    THANKZ INFORMASI NYA…

    Reply
  25. Mahdin says :

    April 3, 2012

    Terimakasi ea info ea

    Reply
  26. suhendi says :

    April 10, 2012

    bagus

    Reply
  27. Rudi says :

    April 18, 2012

    oh ternyata begitu, saya pikir keramas lah yg wajib dilakukan, thanks sdh memposting ini..

    Reply
  28. wahyudi says :

    April 20, 2012

    tata cara + urutan mandi besar + letak nya niat

    Reply
  29. aryo says :

    May 16, 2012

    kalo tata caranya tidak sesuai urutan apakah sah?

    Reply
  30. aaa says :

    May 17, 2012

    berarti kalo niatnya dapam hati misal baca gini ‘ya Allah saya niat mandi wajib untuk membersihkan hadats besar dan kecil’ gitu boleh ngga?

    Reply
  31. Van yasin says :

    January 3, 2013

    Betul,! Sangat membntu.

    Reply
  32. saeprivan says :

    February 21, 2013

    alhamdulilah sekarang sudah paham tata cara nya??

    Reply
  33. munif says :

    February 23, 2013

    sudah bagus alangkah lebih bagus sekalian lafadznaya biar saya hafal

    Reply
  34. Gita Sulistiya says :

    February 25, 2013

    bagus!!

    Reply
  35. altitho says :

    March 17, 2013

    itu pas sdh telanjang ap msih make bju

    Reply
  36. cinta rasullah says :

    March 21, 2013

    Mau nanya??:
    Yang di maksud “memasukkan jari-jari ke pangkal rambut” apa ya,saya kurang mengerti”

    Reply
  37. Mizan suryawan says :

    April 6, 2013

    Info ini sangt brmanfaat buatq, ,

    Reply
  38. Olie says :

    April 13, 2013

    Sangat membantu gan.

    Reply
  39. Galih says :

    May 2, 2013

    Sip aja

    Reply
  40. Galih says :

    May 2, 2013

    Sip

    Reply
  41. ana says :

    May 31, 2013

    kalau gak pake gayung gimana yah?dirumah adanya shower? 😐

    Reply
  42. rega ronaldo says :

    July 16, 2013

    terima kasih atas infonya. . .

    Reply
  43. Konsultan Akting says :

    February 20, 2014

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Sy sangat mendukung situs tanya jawab agama ini. Sedikit usul saya dan semoga kiranya tidak tersinggung, cobalah iklan-ikllan yang menonjolkan aurat wanita atau yang tidak bersifat islami jangan diizinkan terpampang di situs ini, terima kasih Mohon maaf.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    Konsultan Akting

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>