Tata Cara Mandi Besar / Mandi Wajib / Mandi Janabah

tata cara mandi besar

Tata cara Mandi Besar atau Mandi Wajib atau mandi Junub / Janabah adalah rangkaian cara mandi bagi orang yang ingin mensucikan diri dari hadats besar karena haidh, nifas dan usai bersetubuh. Adapun mengenai tata cara mandi besar atau mandi junub atau mandi janabah ini dapat kita ketahui dari berbagai hadits yang berkaitan dengan hal tersebut. Hadits-hadits dibawah ini sudah cukup jelas menggambarkan tata cara mandi besar / junub / janabah;

Hadits 1, status: Shahih, diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim:

dari Aisyah ra. dia berkata ” Apabila Rasulullah saw mandi junub, beliau memulai dengan mencuci kedua tangannya, lalu menuangkan air dengan telapak tangan kanannya ke telepak tangan kirinya untuk membasuh kemauluannya, kemudian beliau berwudhu’, lalu mengambil air dan kemudian memasukkan jari-jarinya ke pangkal rambutnya, setelah itu beliau menuangkan air ke atas kepalanya tiga kali, lalu meratakan air ke seluruh badan, kemudian membasuh kedua kakinya.”

Hadits 2, status: Shahih, diriwayatkan oleh Muslim:

Dari Ummu Salamah ra, dia berkata “Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah. Saya ini seorang wanita yang tebal ikatan rambutnya, apa saya perlu melepasnya ketika mandi janabat?’ Dalam sebuah riwayat, ‘Dan Ketika mandi karena haidh?’ Beliau jawab, ‘ Tidak perlu, cukup bagimu menyiramkan air ke kepalamu tiga kali siraman.”
Dari hadits yang pertama diatas, kita bisa mengetahui bahwa tata cara mandi besar / junub / janabah adalah:

  1. Mencuci kedua tangan
  2. Menuangkan air ke tangan kanan
  3. Dari tangan kanan air di tuang ke tangan kiri untuk mencuci kemaluan
  4. Berwudhu
  5. Mengambil air lalu memasukkan jari-jari ke pangkal rambut
  6. Menuangkan air ke kepala 3x
  7. Meratakan air keseluruh tubuh
  8. Mencuci kaki.

Selain hal-hal diatas, sebagian pendapat mengatakan bahwa niat juga harus hadir mengawali rangkaian tata cara mandi besar atau mandi wajib atau mandi junub / janabah. Walaupun memang, niat tidak harus di ucapkan. Bahkan sampai artikel ini ditulis, penulis belum menemukan satu pun dalil yang menyebutkan bahwa niat harus diucapkan, baik dalam hal yang berkaitan dengan tata cara mandi besar / mandi wajib / mandi junub / janabah ini maupun dalam hal wudhu dan shalat.


cara mensucikan diri dari hadas besar, mensucikan diri dari hadas besar, doa mensucikan diri setelah bersetubuh, tata cara mandi besar, mandi mesucikan diri, mandi junub setelah fap fap, apa doa mandi besar, mandi janabah, mandi besar, mensucilan diri dari hadas besar

46 Responses

  1. NN says:

    terimakasih infonya

  2. dodo says:

    ah ini ga ada bacaan niat doanya

  3. orva says:

    boleh ga mandi wajib kita tunda setelah bangun tidur…..misal 1j1m atau 2 jam kemudian dan mohon bantuan nya

    • kangmoes says:

      setahu saya boleh mas. bahkan Nabi pun dalam hadits pernah tidur dalam keadaan belum mandi wajib bukan? coba di cek di hadits.

  4. tita says:

    Tolong barang x ada niatny…

  5. nino says:

    mas kalau di kamar mandi saya adnya shower gimana mas…mohon bantuannya mas

  6. kevin says:

    sip infonya

  7. imam says:

    berapa lamanya…aku mandinya di pemandian umum teruss….

  8. anggarangga says:

    saya mau betanya.!
    Bulan Ramadhan saya melakukan hubungan suami istri pd mlm hari trs bgun sahur trs mau mandi ternyata air tidak ada terus sampai matah hari terbit ( apa hukm nya puasa saya)

  9. Qie2 says:

    Lo mandi besar d sungai. .gmN MAZ

    • sudirman s.po'o says:

      Lw mandi di sungai untk janabah itu skluan msukan smua bdan ke dlam air llu niat untk bersuci. Insya Allah sah…

  10. widji ume auliafatih dua says:

    menarik…

  11. widji ume auliafatih dua says:

    copas yah, sedikit modif…

  12. joni says:

    ku lg nyari yang lbh simple,tp lengkap,dan sah, :( niat nya ngucpin nya pas apa tuh? Jadi bingung. . . .aq bca di wikipedia juga membingungkan

  13. Hadi says:

    Thank You Buat Infonya Dan Salam Buat Umat Islam…………..

  14. suprie says:

    sudah jelaz kan?
    Niat, hanya ada dalam hati, gak perlu di lafalkan. Lagipula gak ada dalil yg melafalkan niat.
    Tentang menunda mandi besar, gak masalah. Yg penting cukup berwudhu dulu.

  15. sischa ciehuiyyz says:

    mana doanya nih?

  16. sudirman s.po'o says:

    lw yang prnah z dengar am ust. z stiap mlakuakn mandi wajib hrus dgan niat ingn mandi janabah wlpun niatnya tidak di ucapkan scra lngsung.

  17. danny slalu cinta says:

    😛

  18. vendy says:

    niat merupakan awal dari perbuatan, jika perbuatan baik itu hendak dilaksanakan alangkah baiknya hanya kita dan ALLAH yg mengetahuinya.
    sesuai dengan hadist Nabi : jika tangan kanan member i jangan sampai tangan kirimu mengetahuinya.
    niat itu tidak di lafalkan akan tetapi niat harus keluar dari hati yang tulus dan ikhlas.
    begitu pula u/niat sholat dan niat ibadah lainnya.

  19. ayu says:

    baguz jg

  20. eko says:

    Terima kasih yaa Rasulullah atas panduannya

  21. amelia says:

    thx_cukup_membantu.

  22. masfudind says:

    kok gak ada niat bacaanya

  23. erphien says:

    trims

  24. ovi matondang says:

    THANKZ INFORMASI NYA…

  25. Mahdin says:

    Terimakasi ea info ea

  26. suhendi says:

    bagus

  27. Rudi says:

    oh ternyata begitu, saya pikir keramas lah yg wajib dilakukan, thanks sdh memposting ini..

  28. wahyudi says:

    tata cara + urutan mandi besar + letak nya niat

  29. aryo says:

    kalo tata caranya tidak sesuai urutan apakah sah?

  30. aaa says:

    berarti kalo niatnya dapam hati misal baca gini ‘ya Allah saya niat mandi wajib untuk membersihkan hadats besar dan kecil’ gitu boleh ngga?

  31. Van yasin says:

    Betul,! Sangat membntu.

  32. saeprivan says:

    alhamdulilah sekarang sudah paham tata cara nya??

  33. munif says:

    sudah bagus alangkah lebih bagus sekalian lafadznaya biar saya hafal

  34. Gita Sulistiya says:

    bagus!!

  35. altitho says:

    itu pas sdh telanjang ap msih make bju

  36. cinta rasullah says:

    Mau nanya??:
    Yang di maksud “memasukkan jari-jari ke pangkal rambut” apa ya,saya kurang mengerti”

  37. Mizan suryawan says:

    Info ini sangt brmanfaat buatq, ,

  38. Olie says:

    Sangat membantu gan.

  39. ana says:

    kalau gak pake gayung gimana yah?dirumah adanya shower? 😐

  40. rega ronaldo says:

    terima kasih atas infonya. . .

  41. Konsultan Akting says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Sy sangat mendukung situs tanya jawab agama ini. Sedikit usul saya dan semoga kiranya tidak tersinggung, cobalah iklan-ikllan yang menonjolkan aurat wanita atau yang tidak bersifat islami jangan diizinkan terpampang di situs ini, terima kasih Mohon maaf.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    Konsultan Akting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *