Ring Balk

Pengertian Ring balk (atau ada pula yang menyebut ring balok atau balok saja) adalah salah satu bagian dari struktur bangunan yang terletak diatas dinding bata. Selain itu, ring balk berfungsi sebagai pengikat pasangan bata dan meratakan beban dari struktur di atasnya. Contoh beban dari struktur yang berada di atas ring balk adalah beban yang diterima oleh kuda-kuda bangunan.
Menurut sebuah sumber (yang belum saya konfirmasi), jarak pemasangan ring balk maksimum adalah 4 meter dari sloof. Tapi idealnya 3 meter. Mengenai ukuran daripada ring balk ini sendiri, sebuah gambar denah rumah dari sebuah biro arsitek yang pernah saya pelajari menggunakan ukuran 10 x 10.
Namun sumber lain menyebutkan bahwa ukuran ring balk yang biasa digunakan adalah 15 x 15 cm dengan tulangan pokok besi beton 4 d 8 mm dan begel d 6 – 15cm. Mana yang dipilih? Tergantung dari pilihan anda mengenai ring balk itu sendiri.


apa yang dimaksud dengan rencana ringbalk, contoh penyambungan ring balk, gambar rencana ringbalk, Pengertian Dan Fungsi Blok Ring Atau Ring Balok, rencana ringbalk, ringbalk

2 Responses

  1. kifly says:

    bagus dan klu bisa di lampiri dengan gambar detailx…

  2. ihsan says:

    Bagus, terima kasih. Mungkin dapat ditambah dengan penjelasan istilah lainnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *