Pengertian Sloof

Pengertian Sloof adalah “struktur bangunan yang terletak diatas pondasi bangunan”, demikian sebuah sumber menyebutkan. Sloof beton berfungsi sebagai perata bebean yang diterim oleh pondasi. Selain itu, sloof beton juga berfungsi sebagai pengunci dinding agar tidak roboh apabila terjadi pergerakan tanah. Seperti yang kita ketahui, pergerakan tanah bisa terjadi misalnya karena gempa.
Bahkan situs dinas PU menyebutkan bahwa sloof adalah balok pengikat pondasi. Sebagai tambahan, untuk menyempurnakan sistem ikatan antara pondasi dan sloof pada rumah kecil tahan gempa, dipasang angker diameter 12 dengan 12 dengan jarak 1,5meter. Namun tentu saja, angka ini mungkin berubah pada bangunan yang lebih besar atau bangunan bertingkat banyak.
Pendek kata pengertian sloof bangunan adalah beton bertulang yang diletakkan secara horisontal diatas pondasi.
Kesimpulannya, guna sloof adalah untuk meratakan beban yang diterima kolom menuju pondasi. Sehingga setiap beban yang diterima suatu kolom, akan tersebar merata pada seluruh pondasi. Selain itu, fungsi sloof adalah sebagai pengikat antara dinding pondasi dengan kolom.


pengertian balok sloof, apa itu sloof, definisi sloof, fungsi balok sloof, fungsi sloof, gambar balok slof, sloof, teori balok sloof

5 Responses

  1. makmur madjid says:

    Salam kenal,,, Mas,
    Saran Kalau bisa Penjelasannya sekalian di sisipkan gambarx,,, Trims,,

  2. syahrani says:

    salam kenal mas, . . . . bagus tapi alangkah lebih bagus ada gambar 2 dimensi atau 3 dimensinya

  3. legen anggita says:

    mau copas dong

  4. nosigi says:

    baik untuk di jadikan tolak ukur bagi para perencana

  5. Radhifa says:

    Perlu materi ini karena saya dari teknik sipil smk1 purworejo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *