Pengertian opini

Pengertian opini menurut kamus besar bahasa indonesia sangat sederhana: pendapat, pikiran, atau pendirian. Namun terkadang kita sebagai seorang pelajar misalnya menganggap menulis sebuah karya tulis opini sebagai sebuah malapetaka. Padahal jika meninjau pada pengertian opini menurut KBBI tadi, seharusnya menulis opini bisa lebih mudah daripada yang kita bayangkan. pengertian-opiniDalam kehidupan sehari-hari pun sebenarnya kita sudah terbiasa untuk menghasilkan opini. Ketika ditanya ; “eh mie ayam di depan sekolah kita itu enak tidak?” Kita pasti akan menjawab dengan mudah. Enak atau tidak. Sederhana dan kelihatan tidak bisa menjadi sebuah opini bukan? Namun jika digali lebih lanjut jawaban dari pertanyaan tersebut menyimpan segudang alasan dan pendapat pribadi kita mengenai mie ayam yang ditanyakan. Jika kita menjawab “enak” kita bisa mengungkapkan berbagai alasan mengapa kita menyukai mie ayam tersebut. Mulai dari mie ayamnya sendiri, cara penyajian, pelayanan, cara pembuatan, orang yang membuat, sampai pada kondisi warung tempat jualan mie ayam. Jika kesukaan kita akan mie ayam tersebut dijabarkan mungkin butuh waktu sepuluh sampai limabelas menit. Sekarang coba bayangkan bila “ocehan” kita tadi direkam dan ditulis. Tentu akan menjadi sebuah tulisan yang berlembar-lembar bukan? Tidak peduli apakah kita menyukai atau tidak menyukai akan suatu hal, alasan yang mendasari pikiran kita tersebut sebenarnya bisa kita tumpahkan pada berlembar-lembar tulisan dikertas. Hanya saja terkadang kita mungkin terkendala pada kaidah-kaidah penulisan dalam bahasa indonesia yang baik dan benar. Namun menurut kangmoes, untuk langkah awal dalam menulis opini terkadang kita perlu melanggar aturan-aturan penulisan tersebut. Bukankah ketika awal mula berbicara bahasa indonesia kita tidak bisa langsung berbahasa indonesia dengan kaidah-kaidah baku? Seiring dengan berjalannya waktu, kita lalu memperbaiki pola bicara kita dalam berbahasa indonesia. Seharusnya menulis opini bisa sama mudahnya jika kita mengacu pada pengertian opini diatas.
definisi opini, opini artinya, penertian opini

41 Response(s)

  1. dhe dudan says :

    November 14, 2010

    mksh ats informasiny…

    Reply
  2. indri says :

    November 20, 2010

    yup.. bener bangt, terkdng ktika guru/dosen memberikn tugs membuat opini, kita bingung stngh mati nyari kata-kata bwt mengawali tulisn tersebt..
    tapi setelh bca artikel mengenai opini ini, saya jd termotivasi untk mencoba kmbali mnulis.. syukron

    Reply
    1. kangmoes says :

      November 21, 2010

      sama2 mbak yu.

      Reply
  3. siti Nurrohmah says :

    January 25, 2011

    terimakasih ya info.a…

    Reply
  4. teofilussinaga says :

    January 28, 2011

    coolllllllllllll
    banet

    Reply
  5. girsang says :

    January 30, 2011

    thanks banget…informasinya. Kadang2 kita terlalu rumit utk mikirnya, akahirnya sulit sendiri, dan memang hrs dicoba-dan dicoba menuangkannya dalam tulisan.

    Reply
  6. rieFaa says :

    February 2, 2011

    makasiie info_a

    Reply
  7. Iin pw says :

    March 26, 2011

    Mkash smga lebih sukses lagi.

    Reply
  8. AE 45 LI says :

    April 6, 2011

    trm ksh infonya, sy jd dpt tambahan informasi….

    Reply
  9. Mr.Tom says :

    April 7, 2011

    Thank you semuanya. Saya menjadi lebih faham tentang opinion. I don’t understand what is opinion. Saat saya membacanya, saya langsung faham. This is so good for people who don’t understand what is opinion.

    Sincerely
    Mr.Tom

    Reply
  10. andrian says :

    May 5, 2011

    trimakseh atas infonya yaaa!!!
    berkat artikel ini, tugas kami telah selesai. klo tdak bisa pusing keliling aku nyari tugas opini

    Reply
  11. zzzz says :

    May 9, 2011

    saya mencari pengertian OPINI ….

    Reply
  12. erida says :

    September 19, 2011

    terimakasih,info di atas membuat saya ga pusing lagi menyelesaikan tugas dari dosen,,hu..huu…

    Reply
  13. fitria otay says :

    October 2, 2011

    pengertian opini kepanjangan tuh ,,,
    hehehe

    Reply
  14. muhammad husna says :

    October 9, 2011

    syukron kastir ats infonya…

    Reply
  15. Athiya says :

    October 12, 2011

    Thanks a lot ats infonx…

    Reply
  16. eka niyanti says :

    November 11, 2011

    informasinya sgat mendukung thx yaaaa

    Reply
  17. nur says :

    December 2, 2011

    goooooooooooooooood

    Reply
  18. ery says :

    February 27, 2012

    that’s right

    Reply
  19. purwanto says :

    March 10, 2012

    thank’s ilmunya,ini buat siswa kami yang berkebutuhn khusus.se X lagi trims.

    Reply
  20. erlinda says :

    March 31, 2012

    saya selalu kesulitan didalam membuat sebuah opini, boleh juga tu sarannya

    Reply
  21. ariando says :

    April 26, 2012

    mantabbb…

    Reply
  22. catrin says :

    May 9, 2012

    informasi yang sangat penting n berguna bagi saya. mksh

    Reply
  23. Jamaris Online says :

    August 22, 2012

    Informasinya sangat bermanfaat, sukses selalu sobat. Salam kenal!

    Reply
  24. triapsaricahyandini says :

    September 24, 2012

    artikel ini sangat bagus dan bermutu

    Reply
  25. muhammad salman says :

    November 28, 2012

    yang dimaksud dgan opini laporan keuangan itu apa ya…….

    Reply
  26. Syamsul fuad says :

    December 29, 2012

    wah,,,gtu ternyata,,,makasih sob

    Reply
  27. wahyuuu says :

    January 14, 2013

    kitha masih bingung apa yang dinamakan opini,,,
    karena..
    banyak pendapat tentang opini,
    ada yang mengatakan kalau opini itu pendapat ada juga yang mengatakan kalau opini itu kata kiasan.

    Reply
  28. NIRA says :

    January 22, 2013

    BAGUS

    Reply
  29. Bruno says :

    January 27, 2013

    Makasih ya…>!

    Reply
  30. Bruno says :

    January 27, 2013

    mantap!

    Reply
  31. Musa says :

    February 19, 2013

    Sekarang jd paham makna dr opini.. Terima kasih

    Reply
  32. wendri says :

    February 21, 2013

    waduuuuuh makasih bngat gra2 bca artikel ini sya jdi bisa mengerti apa yang di smpaikan pak pda hari kemarin ….. thanks info nya …….

    Reply
  33. ela says :

    February 23, 2013

    terimakasih..

    Reply
  34. Penny kusuma wardani says :

    March 29, 2013

    Mksh ats informasi.ny,
    emang ia terkadang sulit untk menyatakan opini,tp sbnr ny opini itu tak jauh dari kehidupan kita sendiri

    Reply
  35. bayu says :

    May 6, 2013

    Mantap. bener nih yang gw cari.

    Reply
  36. merryykp says :

    June 12, 2013

    dengan gini aq jadi mudah ngerjain tugas q

    Reply
  37. alaiddin dawod says :

    June 28, 2013

    Terikasih sesudah saya baca, jadi termotifasi untuk belajar menulis..mohon do’a ..nya.

    Reply
  38. ari saputra says :

    September 8, 2013

    terimakasih atas infonya,,,

    Reply
  39. irfan saputra says :

    December 17, 2013

    bagus

    Reply
  40. EnggarDJ Motivation says :

    April 21, 2014

    Terima Kasih Penjelasannya Gan..
    Baru Tau Saya Bahwa Opini Adalah Pendapat,,Pikiran,,Pendirian..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>