Pengertian Mouse

Pengertian mouse jika kita terjemahkan dari bahasa inggris adalah tikus. Namun jika dikaitkan dengan dunia komputer, mouse adalah salah satu alat bantu yang digunakan dalam memasukkan input ke komputer. barangkali karena bentuknya yang agak mirip tikus, sehingga dinamai demikian. Dalam menjalankan sistem operasi berbasis grafis diperlukan sebuah alat bantu yang dapat mempercepat pelaksanaan perintah. Alat ini disebut dengan mouse, yang sangat membantu dalam mengatur pointer ( penunjuk) yang tampil dilayar. Jika kita menggerakan mouse, maka pointer akan berpindah sesuai dengan arah gerakan mouse. Mouse yang umum  digunakan adalah mouse yang memiliki dua atau tiga buah tombol, dimana masing-masing tombol mempunyai fungsi sendiri. Pada penggunaan mouse ada tiga istilah dasar yang sering digunakan yaitu:
  • Klik , yaitu pointer menunujuk obyek tertentu dan kemudian ditekan lepas tombol mouse sebelah kiri sebanyak satu kali.
  • Klik kanan , yaitu pointer menuju obyek tertentu dan kemudian tekan – lepas tombo mouse sebelah kanan sebanyak satu kali.
  • Double –klik, yaitu pointer menunjuk obyek tertentu dan kemudian tekan – lepas tombol mouse sebelah kiri sebanyak dua kali , dengan sedikit selang waktu.
  • Drag, yaitu menekan tombol  mouse sebelah kiri  kenmudian menggerakan menuju tempat tertentu tanpa melepasnya, jika telah sampai pada tempat  tujuan baru dilepaskan.
Demikian tadi sekelumit informasi mengenai pengertian mouse.

3 Response(s)

  1. agus kurniawan says :

    August 9, 2012

    bagus bisa membuat orang menjadi mengerti..

    Reply
  2. Aisya icha says :

    October 5, 2012

    saya ingin mengcopy paste boleh atau tidak

    Reply
    1. kangmoes says :

      October 6, 2012

      boleh

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>