Pengertian Kata

Pengertian kata atau definisi kata secara sederhana adalah sekumpulan huruf yang mempunyai arti. Namun kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) memiliki “cara tersendiri” dalam mendefisikan “kata”. Pertama, pengertian kata adalah unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat di gunakan dalam berbahasa. Pengertian kata juga sebanding dengan pengertian ujar atau bicara. pengertian-kataKata adalah sederetan huruf yang diapit dua spasi dan mempunyai arti. Menurut Bloomfield (dalam Chaer, 1994:163), โ€œkata adalah satuan bebas terkecil (a minimal free form).โ€ Contoh kata, kumbang, hinggap, dan bunga. Jika ditinjau dari segi bahasa, pengertian kata adalah morfem atau kombinasi morfem yang oleh bahasawan dianggap sebagai satuan terkecil yang dapat diujarkan sebagai bentuk yang bebas. Atau dengan definisi lain, sebuah satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri, terjadi dari morfem tunggal (misalnya gelas, handuk, gembira) atau gabungan morfem (misalnya pendatang, pembuat, mahakuasa). Arti morfem sendiri adalah satuan bentuk bahasa terkecil yang mempunyai makna secara stabil dan tidak dapat dibagi atas bagian bermakna yang lebih kecil. Wikipedia sendiri mengatakan bahwa kata, yang juga terdapat dalam bahasa melayu, diambil dari bahasa sansekerta “katha”. Dalam bahasa Sansekerta, “katha” artinya “bahasa”, “konversasi”, “cerita” atau “dongeng”. Semoga ulasan mengenai pengertian kata diatas dapat menjadi wacana bagi anda.
pengertian kata, pengertian kata menurut para ahli, apa yang di maksud dengan kata itu, Apa yang dimaksud dengan kata, jelaskan pengertian kata, Apa arti dari tastinggo, pengertian kata dalam bahasa indonesia, Pengertian dari kata, kata pengertian, foto kata kata peger

51 Response(s)

  1. ezha says :

    November 2, 2010

    coNtohh dari kata tersebut gak ada ??
    atau contoh dari morferm itu sendiri ??

    Reply
    1. Lee yOon Wa says :

      December 6, 2012

      thank y??
      py koq gk bz d copy paste sichhh???

      Reply
  2. VANNY says :

    December 12, 2011

    arti kata konfersasi apa?????

    Reply
  3. muthiah says :

    February 18, 2012

    terima kasih…

    Reply
  4. Andi says :

    March 15, 2012

    matur nuhun…….

    Reply
  5. elhainun says :

    April 3, 2012

    saya senang..

    Reply
  6. chaezma says :

    April 10, 2012

    hmm da ga eank bichh lenkap???

    Reply
  7. wahyuningsih says :

    May 3, 2012

    Arti anteseden

    Reply
  8. Challe says :

    May 14, 2012

    arti dari kata ” Artikel” apa sich ?

    Reply
  9. ayu jamillah says :

    July 22, 2012

    makasih yaaa…
    bermanfaat buanget

    Reply
  10. Erna says :

    July 29, 2012

    Menurut saya,, Kata merupakan kumpulan dari bebrapa huruf abjad yang jika di gabungkan menjadi sebuah kata. dan gabungan dari beberapa kata di sebut kalimat.

    Reply
  11. dawam says :

    August 29, 2012

    apa artinya hulubalang

    Reply
  12. Risa Angelica says :

    September 4, 2012

    menurut saya kata adalah gabungan dari beberapa huruf sehingga membentuk sebuah kata. .

    Reply
  13. ricky says :

    September 27, 2012

    mau cope
    “Pengertian kata”

    Reply
  14. lila lia says :

    October 5, 2012

    bahasa indonesia yu kelihatanx mudah padahal sulit

    Reply
  15. reza nurilham says :

    October 6, 2012

    membantu sekali

    Reply
  16. andi says :

    October 23, 2012

    bagus!!!
    alhamdulillah tugas sekolah selesai

    Reply
  17. siti nurjanah says :

    October 24, 2012

    sangat menambah wawasan ttg arti sebuah kata

    Reply
  18. shilvy says :

    November 10, 2012

    oke, aku mau copy ya

    Reply
    1. kangmoes says :

      November 10, 2012

      silahkan

      Reply
  19. Lynaajah says :

    November 10, 2012

    aQ Senag yach,,,,karna sdh mengetahui pengertian kata itu sendri,,,,,
    hmmmm,,,,,,,,,,,,
    itung-itung tugas cepat selesai…
    heheheheh

    Reply
  20. melia g loti says :

    December 6, 2012

    menurut saya kata pengantar adalah kalimat yang berisi ucapan trimakasih

    Reply
  21. dwi says :

    December 17, 2012

    kurang lengkap gan

    Reply
  22. Anisa Febrianti says :

    January 8, 2013

    good

    Reply
  23. nesya says :

    January 18, 2013

    apa yang di maksud dengan kata serapan ?

    Reply
  24. Feni Afiyaningsi says :

    January 28, 2013

    pengertian kata sobra sama sampur apa?

    Reply
  25. bagus says :

    February 11, 2013

    apa ya pengertaian kata bannet

    Reply
  26. rachel says :

    February 13, 2013

    bagus dan bermanfaat

    Reply
  27. Sutriyo,S.Pd says :

    March 6, 2013

    gimana gan ?

    Reply
  28. frenji malta says :

    March 13, 2013

    kutipannya bgus, dan bermafaat, dan walaupun pendapt para ahlinya kurang…

    Reply
  29. eka fitri says :

    March 18, 2013

    cukup membantu, cuma kurang lengkap

    Reply
  30. mawar says :

    March 28, 2013

    arti monomorfemik dan polimorfemik itu apa ya…..?

    Reply
  31. adi says :

    March 29, 2013

    senang

    Reply
  32. arya madya says :

    March 31, 2013

    kenapa susah tau ih kamseupay”kok gitu sih”?

    bae weh masbulo0h ya

    Reply
  33. wahyu says :

    April 4, 2013

    mksih

    Reply
  34. shana says :

    April 4, 2013

    thank you

    Reply
  35. ANHA says :

    April 11, 2013

    contoh-contoh morfem apa saja ?

    Reply
  36. fandi says :

    July 18, 2013

    makasi atas bantuan mu…..

    Reply
  37. dwi puspasari says :

    September 3, 2013

    contoh kata tersebut ada gak ? tolong kasi tau dong sepuluh contoh aja :(

    Reply
  38. ottoy says :

    September 8, 2013

    bagus

    Reply
  39. Absah Mohd Haron says :

    September 14, 2013

    tq atas pengkongsian maklumat…

    Reply
  40. Absah Mohd Haron says :

    September 14, 2013

    boleh beri contoh tak. Apa beza diantara ‘kata’ dan ‘perkataan’

    Reply
  41. arik says :

    September 17, 2013

    terimakasih,, mohon info nama penulis serta waktu menulisnya ya, supaya bisa memperkuat rujukan dan terhindar dari plagiasi.. terimaksih

    Reply
  42. julina says :

    September 18, 2013

    terima kasih

    Reply
  43. putri says :

    September 27, 2013

    iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh ko artikelnya bgtu aneh skli siiiih, gk bsa dcopas:(

    Reply
  44. rinarositah says :

    September 30, 2013

    kasih contohlah

    Reply
  45. Asludin says :

    October 2, 2013

    Defenisi dari kata???

    Reply
  46. florida says :

    February 6, 2014

    bgus sekali

    Reply
  47. citra ayu says :

    February 13, 2014

    saya suka saya suka ๐Ÿ˜€

    Reply
  48. luvena says :

    November 23, 2014

    good

    Reply
  49. andiman says :

    February 14, 2015

    saya suka dengan apa yg anda buar?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>