Pengertian hukum

Pengertian hukum mungkin tidak begitu diketahui oleh sebagian orang meskipun kata ini sering didengar dan diucapkan oleh banyak orang. Pengertian hukum adalah peraturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat, yang dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah.

pengertian hukum

Definisi hukum diatas dijabarkan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia. Lantas bagaimana pengertian hukum menurut kamus bahasa asing semisal oxford? Tentu kita perlu menterjemahkannya terlebih dahulu menjadi bahasa inggris.

Jika kita menggunakan kamus dari google, kita akan mengetahui bahwa arti hukum dalam bahasa inggris adalah ‘law’. Kata law dalam bahasa inggris didefinisikan dalam kamus Oxford sebagai; “All the rules established by authority or custom for regulating the behavior of members of a community or country”.

Jika di terjemahkan menggunakan kamus dari google kembali, artinya; “Semua peraturan yang ditetapkan oleh otoritas atau kustom untuk mengatur perilaku anggota komunitas atau negara”. Kustom yang diterjemahkan dari custom oleh google di sini bisa berarti adat atau kebiasaan. Sampai di sini saya rasa anda sudah dapat mendapat gambaran singkat mengenai definisi hukum atau pengertian hukum dari uraian diatas.


arti dari hukum adala segala peraturan baik tertulis dan tidak tertulis, apa arti dari tujun hukum, gambar orang hukum, hukum dalam arti norma adalah, pengertian hukum dalam bahasa inggris

55 Responses

  1. mince hamzah says:

    hukum adalah aturan nilai yang berisi tentang baik atau buruk, boleh atau tidak, salah atau benar, yang ditentukan oleh pembuat hukum, pelaksana hukum, dan pengamat hukum.

  2. […] Pengertian hukum mungkin tidak begitu diketahui oleh sebagian orang meskipun kata ini sering didengar dan diucapkan oleh banyak orang. Pengertian hukum adalah peraturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat, yang dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah. […]

  3. apa saja boleh says:

    mnurut saya hukum tidak mempunyai definisi karna peraturan itu hanya bagian dari hukum. bukan definisi hukum itu sendiri………

    itu mnurut saya

  4. Anjie says:

    Hukum Adalah Suatu aturan Yang Tertulis maupun Tidak Yang jika di langgar akan di Berikan Sangsi.
    Hukum itu Bersifat Memaksa. . . !

  5. ibrani sh says:

    Hukum adalah tatanan hak yang berlaku

  6. stevo ladies says:

    hukun adalah sekumpulan peraturan yang berlaku di masyarakat dan di buat oleh badan badan resmi yang berwajib, bersifat memaksa dan akan mendapat sanksi tegas bila melanggarnya.,,,!!!

  7. dha luv u says:

    hukum adalah aturan aturan yang dibuat oleh pemerintah atau pihak pihak berlaku yang harus dipatuhi oleh masyarakat agar tidak terekena sangsi.hukum juga bersifat memaksa.

  8. gua says:

    hukum adalah aturan – aturan yang ada di masyarakat , yang mengatur perilaku masyarakat

  9. mukhtar muklis says:

    hukum adalah peraturan yang dibuat olek pemerintah dan di laksanakan oleh semuanya yang tinggal di kota hukum itu sendiri.
    tetapi kenapa atasan2 melanggarnya padahal dia yg membuat

  10. sintongjoshua says:

    Hukum merupakan hal yg pling d butuh kan saat ini .Tak bisa d bayangkan kalau tdk hukum .”

  11. irwan says:

    menurut saya hukum adalah suatu hal yg di miliki oleh stiap negara maupun daerah.apabilah hukum tidak ada di negara maupun daerah maka kejahatan sering terjadi.

  12. vitera says:

    Hukum adalah suatu kaidah atau norma-norma yang berlaku.yang mana Hukum itu gg boleh dilanggar .kenap yaa…org yangg salah dibenarkan dan sebaliknyaaaaaaaaa.trims.

  13. aldila dinata says:

    Pengertian hukum menurut para ahli
    Pengertian hukum menurut Aristoteles
    Sesuatu yang berbeda dari sekedar mengatur dan mengekspresikan bentuk dari konstitusi dan hukum berfungsi untuk mengatur tingkah laku para hakim dan putusannya di pengadilan untuk menjatuhkan hukuman terhadap pelanggar.

    Pengertian hukum menurut Hugo de Grotius
    Peraturan tentang tindakan moral yang menjamin keadilan pada peraturan hukum tentang kemerdekaan (law is rule of moral action obligation to that which is right).

    Pengertian hukum menurut Leon Duguit
    Semua aturan tingkah laku para angota masyarakat, aturan yang daya penggunaannya pada saat tertentu diindahkan oleh anggota masyarakat sebagai jaminan dari kepentingan bersama dan jika yang dlanggar menimbulkan reaksi bersama terhadap orang yang melakukan pelanggaran itu.

    Pengertian hukum menurut Immanuel Kant
    Keseluruhan syarat-syarat yang dengan ini kehendak bebas dari orang yang satu dapat menyesuaikan diri dengan kehendak bebas dari orang yang lain, menuruti peraturan hukum tentang kemerdekaan.

    Pengertian hukum menurut Roscoe Pound
    Sebagai tata hukum mempunyai pokok bahasan hubungan antara manusia dengan individu lainnya, dan hukum merupakan tingkah laku para individu yang mempengaruhi individu lainnya. Adapun hukum sebagai kumpulan dasar-dasar kewenangan dari putusan-putusan pengadilan dan tindakan administratif Law as a tool of social engineering.

    Pengertian hukum menurut John Austin
    Seperangkat perintah, baik langsung maupun tidak langsung dari pihak yang berkuasa kepada warga rakyatnya yang merupakan masyarakat politik yang independen dimana pihak yang berkuasa memiliki otoritas yang tertinggi.

    Pengertian hukum menurut Van Vanenhoven
    Suatu gejala dalam pergaulan hidup yang bergolak terus menerus dalam keadaan berbenturan tanpa henti dari gejala-gejala lain.

    Pengertian hukum menurut Prof. Soedkno Mertokusumo
    Keseluruhan kumpulan peraturan-peraturan atau kaidah-kaidah dalam suatu kehidupan bersama, keseluruhan peraturan tingkah laku yang berlaku dalam suatu kehidupan bersama, yang dapat dipaksakan pelaksanaannya dengan sanksi.

    Pengertian hukum menurut Mochtar Kusumaatmadja
    Keseluruhan asas dan kaidah yang mengatur pergaulan hidup manusia dalam masyarakat, juga meliputi lembaga (institusi) dan proses yang mewujudkan kaidah tersebut dalam masyarakat.

    Pengertian hukum menurut Karl Von Savigny
    Aturan yang terbentuk melalui kebiasaan dan perasaan kerakyatan, yaitu melalui pengoperasian kekuasaan secara diam-diam. Hukum berakar pada sejarah manusia, dimana akarnya dihidupkan oleh kesadaran, keyakinan, dan kebiasaan warga masyarakat

    Pengertian hukum menurut Holmes
    Apa yang dikerjakan dan diputuskan oleh pengadilan.

    Pengertian hukum menurut Soerjono Soekamto
    Mempunyai berbagai arti:
    1. Hukum dalam arti ilmu (pengetahuan) hukum
    2. Hukum dalam arti disiplin atau sistem ajaran tentang kenyataan
    3. Hukum dalam arti kadah atau norma
    4. Hukum dalam ari tata hukum/hukum positf tertulis
    5. Hukum dalam arti keputusan pejabat
    6. Hukum dalam arti petugas
    7. Hukum dalam arti proses pemerintah
    8. Hukum dalam arti perilaku yang teratur atau ajeg
    9. Hukum dalam arti jalinan nilai-nilai

    Kesimpulan dari definisi dan pengertian hukum

    Dari beberapa definisi dan pengertian hukum diatas, maka dapat disimpulkan bahwa secara umum hukum adalah peraturan tingkah laku manusia, yang diadakan oleh badan-badan resmi yang berwajib, yang bersifat memaksa, harus dipatuhi, dan memberikan sanksi tegas bagi pelanggar peraturan tersebut (sanksi itu pasti dan dapat dirasakan nyata bagi yang bersangkutan).

  14. fhey says:

    hukum adalah aturan-aturan yg bersifat memaksa,tertulis maupun non tertulis.

  15. Linda Karyati Putri says:

    hukum adalah sekumpulan kaidah ,norma atau aturan yang berlaku pada suatu masyarakat yang bersifat mengatur / memaksa yang mempunyai sanksi yang nyata .

  16. nirmala says:

    hukum memang tidak memiliki definisi yg disepakati bersama, krn para ahli memiliki pendapat yg berbeda, namun kita dapat memaknai arti hukum tersebut dari pendapat2 tsb. dan menurut saya hukum adalah himpunan aturan2 baik yg tertulis maupun tidak tertulis yang dibuat oleh pejabat yang berwenang utk mengatur kehidupan manusia yang apabila dilanggar akan dikenakan sanksi yang tegas. semoga dpt menjwb tentang rumitnya memahami arti hukum dr sekian bnyk pendapat dan perbedaan.

    • wil P.S.Z says:

      hukum yaitu sebuah aturan yang bersifat memaksa yang secara resmi yang di kukuhkan oleh penguasa atau pemerintah

  17. sakrae says:

    hukum sebagai barometer untuk memberi suatu perlindungan terhadap comunitas didunia dan memberi membatasi tingkah laku manusia

  18. Liana says:

    hukum adl seperangkat keterangan / kaidah

  19. dikha dwifa says:

    hukum adalah pedoman hidup yang dibuat oleh lembaga negara atau lembaga politik suatu masyarakat atau bangsa .

  20. hana fannuely c. says:

    hukum adalah peraturan yang dibuat oleh masyarakat dan pejabat bewenang

  21. marco aponno says:

    suatu hal yang dilangar oleh orang lain dan akhirnya akan mendapatkan hukuman atau sanksi

  22. VIAN F says:

    hukum yaitu aturan yg dibuat oleh pemerintah dan bersifat memaksa tanpa memandang siapa pun

  23. efry says:

    hukum adalah peraturan yang mengikat
    dan untuk membatasi tingkah laku manusia agar tingkah laku manusia dapat terkontrol guna mencapai keadilan keseimbangan dan keselarasan dalam hidup.

  24. kharonna says:

    hukum adalah suatu aturan yang jika dilanggar akan dikenakan sanksi.

  25. Mediana says:

    suatu peraturan yg tertulis maupun tudak tertulis yang berisi tentang tingkah laku seseorang yg dibuat oleh lembaga yg berwenang yg bersifat memaksa , memiliki tujuan untuk mengatur kehidupan agar tertib dan apabila ada yang melanggar dikenakan sanksi.

  26. ahmad sobari says:

    hukum adalah peraturan hidup yang bersifat memaksa yang tegas, peraturan ini berisi perintah dan larangan

  27. Uli sihcwekcapricorn says:

    Klu menurut saya hukum itu harus adil

  28. tiaranurzahro says:

    kta tdk blhhh melanggar peraturan2 yg d nma kan hukum d hati nya da nma mu claluuu 😀

  29. Febi Utami says:

    Hukum adalah peraturan yang bersifat tegas, jelas, dan apabila dilanggar mendapat sanksi yang tegas.

  30. malaikat maut says:

    hukum adalah peraturan yang sifat
    nya mengikat dan mengatur perilaku manusia

  31. ziah says:

    hukum adalah aturan yang berlaku dlm masyarakat yang bersifat memaksa dan yang melanggar akan menpadatkan sanksi.

  32. herianto siahaan says:

    hukum itu adalah peraturan yang mengatur sebuah negara/ wilayah, yang bersifat memaksa, dan jika di langgar akan mendapat sanksi hukuman.

  33. dody says:

    semua yang anda katakan itu benar, jadi hukum tidak dapat didefinisikan karna artiannya sangat meluas

  34. Nursella Senjariani says:

    Hukum merupaka gejala atau fenomena kehidupan manusia di dunia, dimana hukum ini berbentuk aturan-aturan yang bersifat memaksa dan apabila dilanggar akan dikenai sangsi.

  35. romlah says:

    hukum adalah suatu ketegasan yang harus dipatuhi oleh setiap warganegara yang memiliki sanksi tertentu.

  36. jessica says:

    mungkin tidak begitu diketahui oleh sebagian orang meskipun kata ini sering di dengar dan di ucapkan oleh banyak orang. pengertian hukum adalah peraturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat , yang dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah

  37. rio wilhar says:

    hukum itu abstrak dan sudut pandang para ahli pun berbeda . jadi hukum itu sulit untuk di definisikan

  38. ilhamdi arfan 05 says:

    hukum adalah peraturaturan yg brtujuan untuk menjadikan masyarakt yang tertib, aman, dan ter arah. Hukum brsifat keras dan pasti.

    • sarwin hi hakim says:

      menurut pandangan saya hukum merupakan sebuah kumpulan aturan” yang harus di penuhi oleh seluruh masyarakat apabila di langgar maka akan di beri sanksi yang tegas, hukum bersifat memaksa…

  39. ISMAEL SEBIRING says:

    HUKUM ….
    d mana ada masiarakat d situ suda ada yang di namakn hukum,,,,,,
    hukum itu mengikat, yang bersipat memaksa yang membuat ATURAN dan SANGSI

  40. ratutitian says:

    saat ini bnyak orang mengemukakan ttg hukum tsbt,,
    menurut saya apalah guna arti itu semua…toh seperti yang kita lihat,hukum itu blum sempurna di tegakan………..

  41. tanjian togo says:

    hukum adalah aturan ,adat budaya yang mengikat yang memuat sebab akibat .

  42. Eba says:

    Hukum adalah tingkah laku manusia yang apabila melanggar akan mendapatkan sangsi 😉

    • andi says:

      menurut analisa yang dapat saya simpulkan bahwa hukum di indonesia tidak memili kepastian hukum yang tetap antara teori dan kenyataan ny yg terjadi di negara ini. Hal ini mengakibatkan ada ny suatu kontroversi antara rakyat tertindas dengan oknum kapitalis yg sewenang2 menyalah gunakan otoriter ny sehingga mengakibatkan diskriminasi hukum politik.

  43. ari kurniawan says:

    kalau saya hukum itu adalah sesuatu yang kuatyang tidak bisa di ganggugugat oleh siapapun,yang dilaksanakan oleh setiap manusia itu sendiri

  44. nicho aeddjha tok says:

    hukum adalah peraturan yang bersifat mengikat dan memaksa yang harus di penuhi sama warga negara

  45. vandi says:

    hukum adalah peraturan yang dibuat untuk melegitimasi kepentingan golongan yang berkuasa untuk mempertahankan kekuasaannya. dan menindas mereka yg lemah.hukum dibuat dan dilanggar oleh org2 yg sakit jiwa akan harta dan jabatan.

  46. Joemadi Wonkjaac says:

    berbagai pendapat menurut para ahli hukum,
    dapat didefinisikan bahwa hukum itu adalah aturan-aturan/norma-norma/kaidah-kaidah yang mengikat manusia untuk tidak berbuat penyimpangan-penyimpangan dalam kehidupan manusia itu sendiri,

  47. mey boruthnaban says:

    mnrut saya,,pngertian hukum itu luass yah!
    tapi dmana kita tahu bahwa hukum itu identik dengan kata sanksi..
    jadi,hukum itu mrupakan peraturan yg harus dipatuhi/ditaati,jika dilanggar maka akan mendapat sanksi.
    #Terimaksih :)

  48. Hendra Sujitiawan says:

    HUKUM adalah seperangkat aturan yang sengaja dibuat dan disepakati dan bersifat memaksa guna menuju apa yang dicita-citakan bersama yakni;”keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

    Peraturan itu lah yang juga disebut hukum, ingat hukum itu bersifat “normatif”

    dan yang dijabarkan oleh admin itu adalah mengacu pada pengartian hukum adat.

    hukum adat itu memang dibuat berdasarkan kebiaasaan dann melulu tidak tertulis.

    terima kasih.
    :)

  49. helmi wahyudi says:

    hukum adalah salasatu hafis

  50. Fakultas Hukum UII Yogyakarta says:

    good article
    hukum harus ditegakkan!

  51. NURYADIN says:

    Menurut hemat saya Kalimat Hukum ada arti yg sangat mendalam, Hukum adalah kumpulan aturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yg dapat menimbulkan akibat hukum! Tapi yg lajim digunakan dan memiliki kekuatan mengikat aturan tertulis yg sudah di undangkan, nuryadin fak.hukum UNKA Sintang angkatan 1. Kalbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *