Pengertian Hotel

Karena kata hotel dalam bahasa indonesia sama penulisan dan pengucapannya dalam bahasa inggris, pengertian hotel dapat kita lihat dari kamus bahasa indonesia maupun bahasa inggris. Dari segi bahasa indonesia, definisinya dapat kita lacak dari kamus besar bahasa indonesia. KBBI mendefinisikan hotel sebagai; bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untk menginap dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan, atau bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memeperolah pelayanan, penginapan, makan dan minum.

pengertian-hotelItu tadi definisi dalam bahasa indonesia. Lantas bagaimana dengan pengertian hotel menurut bahasa aselinya, bahasa Inggris? Kamus Oxford mendefinisikan pengertian hotel sebagai; “building where rooms and usually meals are provided for people in return for payment”. Atau jika diterjemahkan secara bebas menjadi; Bangunan dimana kamar-kamar dan sarapan tersedia sebagai ganti dari pembayaran.

Meskipun mempunyai makna yang sama, namun definisinya dalam bahasa inggris terdengar janggal jika diterjemahkan secara bebas. Mungkin begitu pula halnya bagi orang-orang inggris, jika mendengar pengertian hotel dalam bahasa indonesia diterjemahkan secara bebas dalam bahasa inggris. Oleh karena itu, untuk mendefinisikan pengertian hotel, tergantung konteks bahasa yang digunakan. Dalam konteks legal hukum, kita bisa meninjau peraturan pemerintah terkait dalam mendefinisikan pengertian hotel.

Misalnya Menurut Dirjen Pariwisata, pengertian hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan, untuk menyediakan jasa penginapan, makan dan minum, serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial.

Kita juga bisa meninjau Surat Keputusan Menteri Perhubungan R.I No. PM 10/PW – 301/Phb. 77, tanggal 12 Desember 1977 yang menjelaskan pengertian hotel sebagai suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan penginapan, berikut makan dan minum.


pengertian hotel dalam bahasa inggris, pengertian hotel, arti hotel, pengertIan hotel dalam bahaa inggris, pengertian hotel dalam baha, definisi hotel dalam, definisi hotel bahasa inggris, definisi hotel, dalam bahasa hotel apa itu DW ?, bagian2 dan pengertian tentang hotel

5 Responses

  1. patrick says:

    wah pelit ga boleh copas

  2. maria hasibuan says:

    if can,, plis put a few meaning of hotel…
    cos i need hotel defenition..

  3. Alfanny says:

    its good, tapi kurang banyak

  4. wiih manteep mas infony
    thank ya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *