Macam Jenis iklan

Iklan dapat dibagi menjadi berbagai macam kelompok.

Menurut pendanaannya iklan dibagi menjadi 2 yakni iklan gratis dan iklan berbayar.

Iklan Gratis

Iklan gratis adalah iklan yang dalam pemasangannya tidak memerlukan biaya. Contoh dari iklan gratis adalah iklan baris yang dapat anda pasang di situs iklanbarisgratis

Iklan Berbayar

Iklan berbayar adalah iklan yang dalam pemasangannya memerlukan biaya. Contoh iklan berbayar sangat banyak. Iklan di TV, di Radio, di koran, poster, reklame dan billboard memerlukan biaya dalam pemasangannya.

Pembagian iklan menurut sifatnya.

Menurut sifatnya, iklan dikelompokkan menjadi iklan komersial dan iklan non komersial.

Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang menawarkan barang dan jasa. Sebagian besar iklan yang kita temui di berbagai tempat merupakan iklan komersial.

Iklan non komersial

Iklan non komersial biasa disebut juga sebagai iklan sosial atau iklan layanan masyarakat. Iklan layanan masyarakat ini tidak bertujuan untuk menawarkan barang dan jasa. Biasanya iklan ini bertujuan untuk pencapaian kondisi berkehidupan yang lebih baik (menurut pemasang iklan). Contoh iklan non komersial antara lain; iklan tentang narkoba, iklan tentang rokok, iklan tentang pemanasan global atau iklan tentang global warming, iklan tentang pencemaran air, dan iklan tentang penggundulan hutan. Contoh-contoh iklan tadi merupakan sebagian kecil dari contoh iklan layanan masyarakat atau non komersial.

Pembagian iklan menurut media yang digunakan

Iklan Cetak

Iklan cetak adalah iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak antara lain; poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer atau selebaran.

Iklan Elektronik

Iklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh dari iklan elektronik antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll.

Pembagian iklan menurut efektifitasnya

Menurut efektifitasnya, iklan dapat dibagi menjadi iklan yang efektif dan iklan yang tidak efektif.

Iklan Efektif

Iklan efektif adalah iklan yang dapat menyempaikan informasi dari pemasang iklan kepada penerima iklan. Faktor-faktor yang menentukan kefektifan suatu iklan antara lain kepadatan materi, kesederhanaan bahasa, dll.

Iklan Tidak Efektif

Kebalikan dari iklan efektif adalah iklan tidak efektif. Secara sederhana, iklan tidak efektif adalah iklan yang tidak mampu menyampaikan informasi dari pemasang iklan kepada pembaca iklan. Entah karena terlalu panjang, bertele-tele, atau bahasa yang terlalu rumit dan kurang dipahami oleh penerima iklan.


contoh iklan komersial, pengertian iklan komersial, pembagian iklan, macam-macam jenis iklan, macam macam iklan, macam macam bentuk warnah baliho, macam jenis iklam, jenis - jenis iklan di tv, iklan komersial adalah, contoh iklan non komersial

13 Responses

  1. fathorrohan ingin kembali says:

    aku ingin copy paste

  2. iin says:

    aku ingin copy paste

  3. niken says:

    aku mau copy paste

  4. suprayoga says:

    Aku mau copy iklan diatas

  5. desinta klaranti says:

    saya ingin copy paste

  6. desinta klaranti says:

    aku ingin copy paste

  7. WINI says:

    no comet

  8. WINI says:

    saya ingin copas

  9. suci says:

    artikelnya bagus

  10. rizki solina says:

    aku ingin copy paste

  11. Chaa says:

    aku mauu Co-Pazt ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *