Hak Guna Usaha

Hak Guna Usaha adalah hak untuk mengusahakan tanah yang dikuasai langsung oleh Negara ( pasal 28 ayat 1 UUPA)

Objek hak guna usaha : tanah yang diusahakan dalam bidang pertanian , perkebunan , perikanan , dan peternakan luas minimum lima hektar, untuk perseorangan luas maksimum 25 hektar. Untuk badan usaha luas maksimum ditetapkan oleh menteri.

Subjek hak guna usaha: perorangan warga Negara aaindonesia dan badan hukum Indonesia. Jangka waktu penggunaan : maksimum 35 tahun dan dapat diperpanjang paling lama 25 tahun. Permohonan perpanjangan hak guna usaha diajukan selambat- lambatnya dua tahun sebelum berakhirnya hak guna usaha tersebut.

Pengalihan : hak guna usaha dapat beralih dan di alihkan dan dapat dibebani dengan hak tanggungan sebagai jaminan hutang . hak guna usaha diberikan atas tanah Negara denga n keputusan dari instansi BPN. Peraturan pemerintah no. 40 tahun 1996 adalah landasan hukum Hak Guna Usaha.

2 Responses

  1. andreas oktanda, sh says:

    terus, kalau HGU nya udah habis, tapi tanamannya masih ada, apakah tanamannya juga kembali kepada negara kalau tidak ada yang menggantikan HGU..?mohon pendapatnya beserta dasarnya, trims…

    • Febri D. Pramono says:

      kembali ke negara bukan semerta-merta begitu saja tp secara fisik masih bisa munguasai karena hak perdatanya jika hak perdatanya masih melekat ( bangunan, tanaman, garapan dsb) bahkan bisa di ajukan untuk alas hak atas tanah yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *