Definisi Artikel

Definisi artikel atau pengertian artikel dibahas oleh berbagai tulisan dan literatur, namun menurut kangmoes, definisi yang paling ringkas dan paling sederhana adalah definisi artikel menurut kamus besar bahasa indonesia. Menurut KBBI, pengertian artikel adalah “karya tulis lengkap” misalnya laporan berita atau esai dalam majalah. Menurut definisi ini sebuah artikel idelanya membahas seluk beluk suatu tema secara tuntas. pengertian-artikelOleh karena itu, beberapa orang kemudian mencoba untuk merinci ciri-ciri sebuah artikel, yakni;

1. Lugas

2. Logis

3. Tuntas

4. Obyektif

5. Cermat

6. Jelas dan padat

Akan tetapi, karena tidak ada aturan baku sebuah artikel harus begini dan begitu (setidaknya sampai saat ini kangmoes belum menenmukannya) maka sebagian orang menyanggah pendapat mengenai ciri-ciri artikel diatas karena penulisa artikel bisa tergantung karena tujuan dituliskannya artikel. Tujuan penulisan artikel paling misalnya; 1. Tujuan Penugasan Misalnya seorang siswa sekolah yang diberi tujuan untuk menulis sebuah artikel. 2. Tujuan Informasi Artikel yang tujuannya semata-mata untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai sebuah hal. 3. Tujuan Persuasi (membujuk) Artikel yang mengulas sesuatu hal yang didalamnya terkandung muatan pembujukan kepada pembaca untuk melakukan suatu hal atau membeli suatu barang. Misalnya artikel tentang diabetes yang terselip materi promosi akan suatu produk bebas gula yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Secara tidak langsung, ini menjadi sanggahan akan ciri obyektif sebuah artikel yang telah disebutkan diatas. 4. Tujuan Entertainment Artikel yang tujuannya untuk menghibur pembaca. 5. Tujuan Eksistensi Artikel yang ditulis untuk menjadi penegasan diri atau untuk menyatakan eksistensi diri penulis kepada pembaca. 6. Tujuan Kreatif Artikel yang ditulis untuk penyaluran suatu ide. 7. Tujuan Pemecahan masalah Yakni artikel yang ditulis dengan tujuan membantu pembaca memecahkan permasalahan yang dihadapi. Namun menurut kangmoes, batas-batas dari penulisan artikel bisa menjadi lebih luas lagi. Dengan kata lain, definisi artikel atau pengertian artikel bisa pula tergantung konteks keilmuan yang dihadapi oleh penulis artikel.
berikan definisi ekonomi di sertai dgn contoh yg sederhana

123 Response(s)

  1. dini widya says :

    August 19, 2010

    uuuuuuuuuuuuuu

    Reply
    1. kangmoes says :

      August 19, 2010

      salam “u”

      Reply
  2. hera says :

    August 19, 2010

    makasih bangett ya Kang..
    bermanfaat banget ni

    Reply
  3. Ikhsan Madjido says :

    September 18, 2010

    terima kasih infonya. salam kenal

    Reply
  4. faeshal says :

    September 28, 2010

    hmmmmmmm
    Berguna !
    Makasih yaaaaa !!

    Reply
  5. hera muharam says :

    October 8, 2010

    makasih kang infonya membantu sekali

    Reply
  6. tiyut says :

    October 9, 2010

    syukron…. infonya…..

    Reply
  7. dante danuarta says :

    October 18, 2010

    bagus infonya

    Reply
    1. HAJRA says :

      November 26, 2011

      thanks bnget infonya yahhh…. 😉

      Reply
  8. Pingback: Krismargianti's Blog

  9. tubagus says :

    October 31, 2010

    siippp

    Reply
  10. lie bhie chan says :

    November 10, 2010

    waaaaahhhh……thx y info nya,
    tapi saya msih bingung maksud dari karya tulis lengkap itu yang bagaimana?

    bukankah artikel dengan karya tulis itu berbeda……

    Reply
  11. Riswani says :

    November 19, 2010

    Sebaiknya jumlah kata dalam menulis artikel harus berapa kata mas yg baik ?.
    Jumlah kata dlm abstrak harus berapa kata ?
    Terima kasih ya !

    Reply
  12. dianemon says :

    November 26, 2010

    thanks banget….. sipz lah… sangat berguna….

    Reply
  13. stella dewi purnama says :

    November 28, 2010

    terima kasih atas informasinya…

    tapi..
    saya masih sulit untuk membuat artikel yang ditugaskan kepada saya…:-))

    Reply
  14. abilyudi says :

    November 30, 2010

    good idea, bravo. Salam kenal

    Reply
  15. mus says :

    December 2, 2010

    saya kesulitan membuat artikel,apalagi mgunakan bhs.igrs,,,meranngkai kta yg mnarik aj msh sulit,tapi aq puengen….bisa.gmn ya kang?

    Reply
  16. ndach says :

    December 15, 2010

    sebenernya artikel itu kaya ap ci?????
    bingung deh……

    contoh spesifikny DUN….

    Reply
  17. Meiiii says :

    December 15, 2010

    Ehmmppttt, , , mkasiiihhhhhhhhhhhh eaowhhh info’nya
    chalam kenall eaaa/. . . :-)

    Reply
  18. ranti says :

    January 11, 2011

    thank’s informations

    Reply
  19. ABRORI says :

    January 13, 2011

    SAYA MASIH SULIT MEMBUAT ARTIKEL YG DI TUGAS KAN OLEH GURU SAYA DAN TERI MA KASIH BANTUAN NYA SALAM KENAL ABRORI

    Reply
  20. ABRORI says :

    January 13, 2011

    SAYA PADA HARY INI SUSAH BAGAI MANA CONTO-CONTO ARTIKEL BAGAI MANA YA MOHON BANTUAN NYA salam dari peng gemar point blank
    PB(POINT BLANK)

    Reply
  21. apip says :

    January 14, 2011

    yang saya butuhkan artikel arti dari pemahaman konsep,, bkan cara membuat artikel,,,

    Reply
    1. kangmoes says :

      January 19, 2011

      kalau begitu kang apip salah masuk :)

      Reply
  22. phieypie mbem says :

    January 16, 2011

    mkch wat infony..,

    Reply
  23. nandaaa says :

    January 17, 2011

    tengs dan ..
    berguna banget nih buat nyelesein tgas bahasa indonesia …
    :)

    Reply
  24. Rika says :

    January 17, 2011

    thank’s for information

    Reply
  25. agus says :

    January 20, 2011

    kang masa dosen ane bilangnya perbedaan artikel sama berita itu, kalo berita di akhir nya cuma menyantumkan inisial nama.
    trus kalo artikel itu nama lengkap…
    gimana penjelasanya

    Reply
  26. Rudi.S.L says :

    January 23, 2011

    kang kasih tw dong bentuk artikel tu gimana……..

    Reply
  27. nia ravenia says :

    January 24, 2011

    thank….

    Reply
  28. annisa says :

    January 29, 2011

    apa artikel yhu?

    Reply
  29. sinatra bobby says :

    January 31, 2011

    mohon diperjelas lagi tenyng artikel peta (pengertianya)

    Reply
  30. yuli ramadani says :

    February 4, 2011

    penjelasan.y sangat membantu…

    thank’you…^_^

    Reply
  31. ovie says :

    February 15, 2011

    sgt mmbntu pljr SMA
    thks 4 all

    Reply
  32. bigy says :

    April 6, 2011

    thanks

    Reply
  33. lamb says :

    April 24, 2011

    mas ,bisa kasih tau kagak apa beda artikel sama berita ?

    Reply
  34. zahra says :

    May 5, 2011

    Bagus dan perlu contoh artikel yang berkaitan dengan pendidikan tinggi thanks

    Reply
  35. dali says :

    May 7, 2011

    mas ikut nelink ya..makasih.

    Reply
  36. lyana pasha says :

    June 30, 2011

    give more dng!!!!!!!

    Reply
  37. randy says :

    July 20, 2011

    bgus
    slam kenal
    add me

    Reply
  38. mita says :

    July 22, 2011

    tolong dikasih contohnya si…

    Reply
  39. emy says :

    July 24, 2011

    thanks ya kang infonya, bagus…

    Reply
  40. Afnheeiyy says :

    July 28, 2011

    thank`ss yachh
    jdiy tgaskuw tmbah lancar dechh

    Reply
  41. romi says :

    August 6, 2011

    bagus

    Reply
  42. EvVa NovVitaa says :

    August 9, 2011

    thanks 4 all .. :)

    Reply
  43. ikhwan says :

    August 14, 2011

    sya pd awl na bngung …..
    apa tu artikel???pa la kl dksih tgas !!!
    tp skr da mngrti , apa tu Artikel.

    Reply
  44. kasmadi says :

    September 8, 2011

    tq ya infonya…
    gw jadi lebih paham

    Reply
  45. zia says :

    September 8, 2011

    good, makasih ya atas infonya

    Reply
  46. Annisa says :

    September 9, 2011

    klo unsur” dre artikel apa yy??

    Reply
  47. mindayu says :

    September 11, 2011

    bantuuu bgt, makasih banyak,

    Reply
  48. atiqoo says :

    September 13, 2011

    suwun sangeeet kang!!!!!!

    Reply
  49. dhcqae says :

    September 16, 2011

    yah, sayang sekali, pada kurang lengkap

    Reply
  50. darwati says :

    September 17, 2011

    makasih, aku mendapat jawaban dari pertanyaanku

    Reply
  51. narita says :

    September 17, 2011

    thanks ea atas info.a

    Reply
  52. chintyaa says :

    September 20, 2011

    wow 😀 sangat membantu aku bangett :) makasiih yaa~

    Reply
  53. Manisah says :

    September 20, 2011

    Thank’s ya infonya…

    Reply
  54. Mutiara lalalala says :

    September 26, 2011

    goooddddddd :bd

    Reply
  55. ratih says :

    October 3, 2011

    thank’s bwt infox, tapi ni termasuk artikel bukan ” middle-aged women happier with exercise”?

    Reply
  56. GUSLIM says :

    October 3, 2011

    GOOD JOB…. KAMU UDA BANTU AQ DLM TUGAS2KU

    Reply
  57. i can not name says :

    October 11, 2011

    thanks..

    Reply
  58. raja says :

    October 15, 2011

    artikel ya !

    Reply
  59. erwin says :

    October 17, 2011

    makasih …..!!

    Reply
  60. Sri Zubayidah Ruslan says :

    October 19, 2011

    .. Makasih eah atas infonya,,,,,
    .. Info ini berguna bgt untuk indha…..:)

    Reply
  61. tika audina says :

    October 19, 2011

    artikel,,,
    kurnk ngrti msec thika,,
    tp ad msuk uga ilmu stelh d jlz khn,,

    Reply
  62. vinzoe says :

    October 20, 2011

    mkasiiihhh,, udh terbantu tugas saya …
    semoga sukses ya ..

    Reply
  63. ABID says :

    October 21, 2011

    jane d bri contoh na dunx boz…
    byar lbih jelas bgi orang yg otak nya krang jonkok
    hahaha

    Reply
  64. Toki Tokek Tokek says :

    October 22, 2011

    halo salam kenal aja MAs …..

    Reply
  65. celsia kalsum says :

    November 3, 2011

    thank banyak atas infonya….tpi lbih baik lgi klw disertai dgn contoh.so…ng akn ad lgi keterbingungan mngenai artikel

    Reply
  66. Weicing says :

    November 6, 2011

    thank’s atas info.a saya jadi lebih mengerti tentang artikel karena sya ditugaskan untuk membuat artikel tentang ekonomi…

    Reply
  67. farra says :

    November 8, 2011

    1. hal-hal apa yang dapat mempengeruhi artikel?
    2. berikan contoh artikel dalam segala bidang!
    greatfull!!!

    Reply
  68. ria says :

    November 9, 2011

    thx,,,,,
    tapi aQ masih bingung

    Reply
  69. mia says :

    November 12, 2011

    bagaimana cara penulisan artikel yang baik dan menarik?thanks

    Reply
  70. iden somala says :

    November 18, 2011

    owhhhhhh begitu…

    Reply
  71. lim says :

    December 5, 2011

    kang moes bedanya berita yg di koran sama artikel apa ya? kalo ada yg tau jawab ya

    Reply
  72. rhey says :

    December 15, 2011

    makasih,,, walau penjelasnnya singkat namun saya dapat menyelesaikan tugas yang ada

    Reply
  73. hasan_keren says :

    December 24, 2011

    aku sefaham ma yang lain, klo diberi contoh satuuuuuuuu aja, akan lebih mengerti lagy aku.

    Reply
  74. hasan_keren says :

    December 24, 2011

    aku juga mo tanya lagy,artikel bagiy pemula seperti aku ini yang bertujuan mencari info bisnis wat diri ku sendiri harusnya yg seperti apa sich kang moes??

    Reply
  75. armi says :

    December 25, 2011

    penjlasan yg lebih komplit

    Reply
  76. bojess says :

    December 28, 2011

    bagus & sangat membantu

    Reply
  77. Asep Garyadi says :

    January 16, 2012

    Terima kasih infonya tentang pengertian artikelnya…

    Reply
  78. ikhariiska says :

    January 19, 2012

    niie krang mengertii karna tidak di sertaii dengan contoh yg jelass

    Reply
  79. Fardi w says :

    January 27, 2012

    i like it
    makasi yaaaaaaaa

    Reply
  80. elia elie Wenda says :

    February 12, 2012

    Baik, trimakasih ya,,,,,,,,,,,

    Reply
  81. nis yunista kirana says :

    February 18, 2012

    Trmksh
    moga jadi seperti yang kita harapkan.

    Reply
  82. irfan al-frasetia says :

    March 1, 2012

    ( cukup lugas penjelasan’ya , harus’ya lebih singkat tapi secara detail )

    Reply
  83. ai masitoh says :

    March 3, 2012

    saya stuju dengan pendapat anda namu karya ilmiah anda kurang lengkap coba anda tambah dan lengkapi

    Reply
  84. Selly says :

    March 29, 2012

    Terima kasih kang infonya.. Sangat membantu

    Reply
  85. natalia says :

    March 30, 2012

    bagus

    Reply
  86. awantz chodetz says :

    April 13, 2012

    thanx y gan, lumayan lah dr tadi’e gk tau skrg jd tau. Tp msh hrz nyari lg yg lebih signifikan

    Reply
  87. oemar shie regard says :

    April 28, 2012

    Infonya sngt mmbantu saya dlm mmduat sebuah artikel.
    mksh bngt yeachhh….
    slm knl wat mua….

    Reply
  88. Acef says :

    May 3, 2012

    Makasih atas info’x ya..
    ini berguna buat nambah wawasan.

    Reply
  89. NOVI says :

    May 7, 2012

    GOOD …

    Reply
  90. yoga says :

    May 10, 2012

    kakakakaka

    Reply
  91. Nurr Thats Light says :

    May 20, 2012

    artikelnya tambah lagi donggg…

    Reply
  92. dini says :

    June 4, 2012

    bgaimana sich cara menulis artikel bahasa bantu dan pengajaran diekolah ?

    Reply
  93. Hendro Mhd says :

    June 9, 2012

    salam kenal?

    kamsiah atas infonya

    salam sukses

    Reply
  94. ADINDAKARTIKA SARI says :

    June 10, 2012

    BISA” BERMANFAAT JUGHA NIEH

    Reply
  95. bima says :

    July 6, 2012

    TRims… KK Info na.

    Reply
  96. bima says :

    July 6, 2012

    trims. infona

    Reply
  97. Lian panjaitan says :

    July 30, 2012

    Tolong kirimkan satu contoh artikel lengkap dgan cra penulisan yg baik dan benar.
    Thank’s ya.

    Reply
  98. Arfidin says :

    August 5, 2012

    Puaaaaaasss…
    Puaaaaaasss…
    dgAn jwAbanx….Skrg Q lbHee tw tntAng Artikel…?!

    Reply
  99. RISTA says :

    August 20, 2012

    BAGUSSSS

    Reply
  100. mechie says :

    August 26, 2012

    assalamualaikum… terimakasih y.. infonya sangat bermannat banget.. smga d balas Allah SWT y amienn

    Reply
  101. nimas says :

    August 27, 2012

    Owh ,,,,,,

    Terima kasih y ,,,,

    Reply
  102. anisa kirani says :

    September 25, 2012

    woy ngapain lo di sini

    Reply
  103. arie says :

    September 25, 2012

    aa

    Reply
  104. hafiz novialdi says :

    September 27, 2012

    sangat menarik dan sangat membantu menyelesaikan tugas kuliah

    Reply
  105. kaka says :

    October 5, 2012

    sangat berguna bgt

    Reply
  106. marsela arfina says :

    October 18, 2012

    mksh ya,,,tgas saya,,,sdah bisa lbh di perbaiki

    Reply
  107. agus kuncoro says :

    December 7, 2012

    Bagus dan terima kasih, smg bisa dibahas contoh artikelnya.

    Reply
  108. ady says :

    December 12, 2012

    gan ini di terbit thun brap? thanks gan

    Reply
  109. panji ramadhan says :

    January 10, 2013

    keren !!

    Reply
  110. panji ramadhan says :

    January 10, 2013

    keren

    Reply
  111. avelyna says :

    January 14, 2013

    thank’s yee:)
    bermanfaat banget

    Reply
  112. Anii chee zuteexx thea says :

    February 2, 2013

    Sukron

    Reply
  113. NURLAILI says :

    February 17, 2013

    Sebenarnya saya ngak tahu mau ngomong apa , disini saya hanya ingin mengetahui lebih rinci mengenai artikel , karena ini merupakan tugas pertama saya dalam mennullis artikel ,, jadi saya belum faham tentang apa itu artikel dan bagaimana sich cara membuatnya …./

    Reply
  114. resti sandra dewi says :

    February 17, 2013

    pliss perlu ni

    Reply
  115. Hardika prasetya says :

    April 13, 2013

    bagus
    dan terikasih

    Reply
  116. rezky andriani says :

    May 6, 2013

    baik…

    Reply
  117. yuni says :

    June 4, 2013

    bagus

    Reply
  118. melysa says :

    June 5, 2013

    ok

    Reply
  119. IRA says :

    July 23, 2013

    terima kasih atas infonya.

    Reply
  120. bing says :

    July 23, 2013

    oks

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>