Definisi Artikel

Definisi artikel atau pengertian artikel dibahas oleh berbagai tulisan dan literatur, namun menurut kangmoes, definisi yang paling ringkas dan paling sederhana adalah definisi artikel menurut kamus besar bahasa indonesia. Menurut KBBI, pengertian artikel adalah “karya tulis lengkap” misalnya laporan berita atau esai dalam majalah. Menurut definisi ini sebuah artikel idelanya membahas seluk beluk suatu tema secara tuntas.

pengertian-artikelOleh karena itu, beberapa orang kemudian mencoba untuk merinci ciri-ciri sebuah artikel, yakni;

1. Lugas

2. Logis

3. Tuntas

4. Obyektif

5. Cermat

6. Jelas dan padat

Akan tetapi, karena tidak ada aturan baku sebuah artikel harus begini dan begitu (setidaknya sampai saat ini kangmoes belum menenmukannya) maka sebagian orang menyanggah pendapat mengenai ciri-ciri artikel diatas karena penulisa artikel bisa tergantung karena tujuan dituliskannya artikel. Tujuan penulisan artikel paling misalnya;
1. Tujuan Penugasan
Misalnya seorang siswa sekolah yang diberi tujuan untuk menulis sebuah artikel.
2. Tujuan Informasi
Artikel yang tujuannya semata-mata untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai sebuah hal.
3. Tujuan Persuasi (membujuk)
Artikel yang mengulas sesuatu hal yang didalamnya terkandung muatan pembujukan kepada pembaca untuk melakukan suatu hal atau membeli suatu barang. Misalnya artikel tentang diabetes yang terselip materi promosi akan suatu produk bebas gula yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Secara tidak langsung, ini menjadi sanggahan akan ciri obyektif sebuah artikel yang telah disebutkan diatas.
4. Tujuan Entertainment
Artikel yang tujuannya untuk menghibur pembaca.
5. Tujuan Eksistensi
Artikel yang ditulis untuk menjadi penegasan diri atau untuk menyatakan eksistensi diri penulis kepada pembaca.
6. Tujuan Kreatif
Artikel yang ditulis untuk penyaluran suatu ide.
7. Tujuan Pemecahan masalah
Yakni artikel yang ditulis dengan tujuan membantu pembaca memecahkan permasalahan yang dihadapi.
Namun menurut kangmoes, batas-batas dari penulisan artikel bisa menjadi lebih luas lagi. Dengan kata lain, definisi artikel atau pengertian artikel bisa pula tergantung konteks keilmuan yang dihadapi oleh penulis artikel.


pengertian artikel, definisi artikel, berikan definisi ekonomi di sertai dgn contoh yg sederhana, MAKSUD ARTIKEL, pengertian artikel dari kbbi, pengertian karya tulis lengkap dlm artikel, perbedaan artikel dan feature

123 Responses

  1. dini widya says:

    uuuuuuuuuuuuuu

  2. hera says:

    makasih bangett ya Kang..
    bermanfaat banget ni

  3. terima kasih infonya. salam kenal

  4. faeshal says:

    hmmmmmmm
    Berguna !
    Makasih yaaaaa !!

  5. hera muharam says:

    makasih kang infonya membantu sekali

  6. tiyut says:

    syukron…. infonya…..

  7. dante danuarta says:

    bagus infonya

  8. […] dan literatur, namun menurut kangmoes, definisi yang paling ringkas dan paling sederhana adalah definisi artikel menurut kamus besar bahasa indonesia. Menurut KBBI, pengertian artikel adalah โ€œkarya tulis […]

  9. tubagus says:

    siippp

  10. waaaaahhhh……thx y info nya,
    tapi saya msih bingung maksud dari karya tulis lengkap itu yang bagaimana?

    bukankah artikel dengan karya tulis itu berbeda……

  11. Riswani says:

    Sebaiknya jumlah kata dalam menulis artikel harus berapa kata mas yg baik ?.
    Jumlah kata dlm abstrak harus berapa kata ?
    Terima kasih ya !

  12. dianemon says:

    thanks banget….. sipz lah… sangat berguna….

  13. stella dewi purnama says:

    terima kasih atas informasinya…

    tapi..
    saya masih sulit untuk membuat artikel yang ditugaskan kepada saya…:-))

  14. abilyudi says:

    good idea, bravo. Salam kenal

  15. mus says:

    saya kesulitan membuat artikel,apalagi mgunakan bhs.igrs,,,meranngkai kta yg mnarik aj msh sulit,tapi aq puengen….bisa.gmn ya kang?

  16. ndach says:

    sebenernya artikel itu kaya ap ci?????
    bingung deh……

    contoh spesifikny DUN….

  17. Meiiii says:

    Ehmmppttt, , , mkasiiihhhhhhhhhhhh eaowhhh info’nya
    chalam kenall eaaa/. . . :-)

  18. ranti says:

    thank’s informations

  19. ABRORI says:

    SAYA MASIH SULIT MEMBUAT ARTIKEL YG DI TUGAS KAN OLEH GURU SAYA DAN TERI MA KASIH BANTUAN NYA SALAM KENAL ABRORI

  20. ABRORI says:

    SAYA PADA HARY INI SUSAH BAGAI MANA CONTO-CONTO ARTIKEL BAGAI MANA YA MOHON BANTUAN NYA salam dari peng gemar point blank
    PB(POINT BLANK)

  21. apip says:

    yang saya butuhkan artikel arti dari pemahaman konsep,, bkan cara membuat artikel,,,

  22. phieypie mbem says:

    mkch wat infony..,

  23. nandaaa says:

    tengs dan ..
    berguna banget nih buat nyelesein tgas bahasa indonesia …
    :)

  24. Rika says:

    thank’s for information

  25. agus says:

    kang masa dosen ane bilangnya perbedaan artikel sama berita itu, kalo berita di akhir nya cuma menyantumkan inisial nama.
    trus kalo artikel itu nama lengkap…
    gimana penjelasanya

  26. Rudi.S.L says:

    kang kasih tw dong bentuk artikel tu gimana……..

  27. nia ravenia says:

    thank….

  28. annisa says:

    apa artikel yhu?

  29. sinatra bobby says:

    mohon diperjelas lagi tenyng artikel peta (pengertianya)

  30. yuli ramadani says:

    penjelasan.y sangat membantu…

    thank’you…^_^

  31. ovie says:

    sgt mmbntu pljr SMA
    thks 4 all

  32. bigy says:

    thanks

  33. lamb says:

    mas ,bisa kasih tau kagak apa beda artikel sama berita ?

  34. zahra says:

    Bagus dan perlu contoh artikel yang berkaitan dengan pendidikan tinggi thanks

  35. dali says:

    mas ikut nelink ya..makasih.

  36. lyana pasha says:

    give more dng!!!!!!!

  37. randy says:

    bgus
    slam kenal
    add me

  38. mita says:

    tolong dikasih contohnya si…

  39. emy says:

    thanks ya kang infonya, bagus…

  40. Afnheeiyy says:

    thank`ss yachh
    jdiy tgaskuw tmbah lancar dechh

  41. EvVa NovVitaa says:

    thanks 4 all .. :)

  42. ikhwan says:

    sya pd awl na bngung …..
    apa tu artikel???pa la kl dksih tgas !!!
    tp skr da mngrti , apa tu Artikel.

  43. kasmadi says:

    tq ya infonya…
    gw jadi lebih paham

  44. zia says:

    good, makasih ya atas infonya

  45. Annisa says:

    klo unsur” dre artikel apa yy??

  46. mindayu says:

    bantuuu bgt, makasih banyak,

  47. atiqoo says:

    suwun sangeeet kang!!!!!!

  48. dhcqae says:

    yah, sayang sekali, pada kurang lengkap

  49. darwati says:

    makasih, aku mendapat jawaban dari pertanyaanku

  50. narita says:

    thanks ea atas info.a

  51. chintyaa says:

    wow ๐Ÿ˜€ sangat membantu aku bangett :) makasiih yaa~

  52. Manisah says:

    Thank’s ya infonya…

  53. Mutiara lalalala says:

    goooddddddd :bd

  54. ratih says:

    thank’s bwt infox, tapi ni termasuk artikel bukan ” middle-aged women happier with exercise”?

  55. GUSLIM says:

    GOOD JOB…. KAMU UDA BANTU AQ DLM TUGAS2KU

  56. i can not name says:

    thanks..

  57. raja says:

    artikel ya !

  58. erwin says:

    makasih …..!!

  59. Sri Zubayidah Ruslan says:

    .. Makasih eah atas infonya,,,,,
    .. Info ini berguna bgt untuk indha…..:)

  60. tika audina says:

    artikel,,,
    kurnk ngrti msec thika,,
    tp ad msuk uga ilmu stelh d jlz khn,,

  61. vinzoe says:

    mkasiiihhh,, udh terbantu tugas saya …
    semoga sukses ya ..

  62. ABID says:

    jane d bri contoh na dunx boz…
    byar lbih jelas bgi orang yg otak nya krang jonkok
    hahaha

  63. Toki Tokek Tokek says:

    halo salam kenal aja MAs …..

  64. celsia kalsum says:

    thank banyak atas infonya….tpi lbih baik lgi klw disertai dgn contoh.so…ng akn ad lgi keterbingungan mngenai artikel

  65. Weicing says:

    thank’s atas info.a saya jadi lebih mengerti tentang artikel karena sya ditugaskan untuk membuat artikel tentang ekonomi…

  66. farra says:

    1. hal-hal apa yang dapat mempengeruhi artikel?
    2. berikan contoh artikel dalam segala bidang!
    greatfull!!!

  67. ria says:

    thx,,,,,
    tapi aQ masih bingung

  68. mia says:

    bagaimana cara penulisan artikel yang baik dan menarik?thanks

  69. iden somala says:

    owhhhhhh begitu…

  70. lim says:

    kang moes bedanya berita yg di koran sama artikel apa ya? kalo ada yg tau jawab ya

  71. rhey says:

    makasih,,, walau penjelasnnya singkat namun saya dapat menyelesaikan tugas yang ada

  72. hasan_keren says:

    aku sefaham ma yang lain, klo diberi contoh satuuuuuuuu aja, akan lebih mengerti lagy aku.

  73. hasan_keren says:

    aku juga mo tanya lagy,artikel bagiy pemula seperti aku ini yang bertujuan mencari info bisnis wat diri ku sendiri harusnya yg seperti apa sich kang moes??

  74. armi says:

    penjlasan yg lebih komplit

  75. bojess says:

    bagus & sangat membantu

  76. Asep Garyadi says:

    Terima kasih infonya tentang pengertian artikelnya…

  77. ikhariiska says:

    niie krang mengertii karna tidak di sertaii dengan contoh yg jelass

  78. Fardi w says:

    i like it
    makasi yaaaaaaaa

  79. elia elie Wenda says:

    Baik, trimakasih ya,,,,,,,,,,,

  80. nis yunista kirana says:

    Trmksh
    moga jadi seperti yang kita harapkan.

  81. irfan al-frasetia says:

    ( cukup lugas penjelasan’ya , harus’ya lebih singkat tapi secara detail )

  82. ai masitoh says:

    saya stuju dengan pendapat anda namu karya ilmiah anda kurang lengkap coba anda tambah dan lengkapi

  83. Selly says:

    Terima kasih kang infonya.. Sangat membantu

  84. natalia says:

    bagus

  85. awantz chodetz says:

    thanx y gan, lumayan lah dr tadi’e gk tau skrg jd tau. Tp msh hrz nyari lg yg lebih signifikan

  86. oemar shie regard says:

    Infonya sngt mmbantu saya dlm mmduat sebuah artikel.
    mksh bngt yeachhh….
    slm knl wat mua….

  87. Acef says:

    Makasih atas info’x ya..
    ini berguna buat nambah wawasan.

  88. NOVI says:

    GOOD …

  89. yoga says:

    kakakakaka

  90. Nurr Thats Light says:

    artikelnya tambah lagi donggg…

  91. dini says:

    bgaimana sich cara menulis artikel bahasa bantu dan pengajaran diekolah ?

  92. Hendro Mhd says:

    salam kenal?

    kamsiah atas infonya

    salam sukses

  93. ADINDAKARTIKA SARI says:

    BISA” BERMANFAAT JUGHA NIEH

  94. bima says:

    TRims… KK Info na.

  95. bima says:

    trims. infona

  96. Lian panjaitan says:

    Tolong kirimkan satu contoh artikel lengkap dgan cra penulisan yg baik dan benar.
    Thank’s ya.

  97. Arfidin says:

    Puaaaaaasss…
    Puaaaaaasss…
    dgAn jwAbanx….Skrg Q lbHee tw tntAng Artikel…?!

  98. RISTA says:

    BAGUSSSS

  99. mechie says:

    assalamualaikum… terimakasih y.. infonya sangat bermannat banget.. smga d balas Allah SWT y amienn

  100. nimas says:

    Owh ,,,,,,

    Terima kasih y ,,,,

  101. anisa kirani says:

    woy ngapain lo di sini

  102. hafiz novialdi says:

    sangat menarik dan sangat membantu menyelesaikan tugas kuliah

  103. kaka says:

    sangat berguna bgt

  104. marsela arfina says:

    mksh ya,,,tgas saya,,,sdah bisa lbh di perbaiki

  105. agus kuncoro says:

    Bagus dan terima kasih, smg bisa dibahas contoh artikelnya.

  106. ady says:

    gan ini di terbit thun brap? thanks gan

  107. panji ramadhan says:

    keren !!

  108. panji ramadhan says:

    keren

  109. avelyna says:

    thank’s yee:)
    bermanfaat banget

  110. Anii chee zuteexx thea says:

    Sukron

  111. NURLAILI says:

    Sebenarnya saya ngak tahu mau ngomong apa , disini saya hanya ingin mengetahui lebih rinci mengenai artikel , karena ini merupakan tugas pertama saya dalam mennullis artikel ,, jadi saya belum faham tentang apa itu artikel dan bagaimana sich cara membuatnya …./

  112. resti sandra dewi says:

    pliss perlu ni

  113. Hardika prasetya says:

    bagus
    dan terikasih

  114. rezky andriani says:

    baik…

  115. IRA says:

    terima kasih atas infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *