Daftar Pustaka

Definisi daftar pustaka menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah daftar yang mencantmkan judul buku, nama pengarang, penerbit dsb yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau bku dan disusun berdasarkan abjad. Daftar sendiri didefinisikan sebagai catatan sejumlah nama atau hal yang disususn berderet dari atas ke bawah.
Salah satu fungsi dari daftar pustaka adalah untuk memberikan arah bagi para pembaca buku atau karya tulis yang ingin meneruskan kajian atau untuk melakukan pengecekan ulang terhadap karya tulis yang bersangkutan. Fungsi dari daftar pustaka adalah untuk memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap penulis buku atau karya tulis yang dirujuk terhadap hasil karyanya yang turut menyumbang peraran dalam penulisan karya tulis yang kita tulis. Dan fungsi lain daftar pustaka yang tak kalah penting adalah menjaga profesionalitas kita (jika kita sebagai seorang penulis karya tulis) terhadap tulisan yang kita buat.
Tentu saja penyusunan sebuah daftar pustaka harus mengedepankan asas kemudahan. Oleh karena itu, diterbitkanlah sebuah format atau cara penulisan daftar pustaka seperti yang sering kita dapatkan dibuku-buku sekolah. Pada artikel selanjutnya, kita akan membahas cara penulisan daftar pustaka ini.


daftar pustaka menurut apa, definisi daftar pustaka, fungsi daftar pustaka

50 Response(s)

  1. andre says :

    July 29, 2010

    numpang ngopi

    Reply
    1. kangmoes says :

      July 30, 2010

      silahkan mas. gulanya juga jangan lupa :)

      Reply
  2. KuPadt el_FacHrie says :

    September 17, 2010

    .,hahahahha,,
    ,.gw mnta juga dunkzz..

    Reply
  3. Anonim says :

    October 2, 2010

    Numpang ngopi mas

    Reply
    1. kangmoes says :

      October 4, 2010

      silahkan mas

      Reply
  4. mahat says :

    December 4, 2010

    ngopi wae

    Reply
  5. moh rusdi says :

    January 17, 2011

    sebelumnya saya belom tahu apa arti dari daftar pustala tapi setelah saya membaca artkel bapak mengenai daftar pustaka saya baru tau

    makasih ya pak

    hormat saya

    rusdi

    Reply
  6. icha says :

    January 23, 2011

    pusing gan

    Reply
    1. kangmoes says :

      January 24, 2011

      pusing? segera ambil obat sakit kepala :)

      Reply
    2. nia says :

      January 27, 2011

      iya bikin pusing-,-

      Reply
  7. rhe_yhon says :

    January 24, 2011

    trus model-model daftar pustaka itu apa aja?

    Reply
  8. rahma says :

    February 26, 2011

    duh……………..
    pusing………… besok bsk ujikom!!!!!!!!!!!!!

    Reply
  9. rahma says :

    February 26, 2011

    :(

    Reply
  10. ano says :

    June 26, 2011

    daftar pustaka tuh sama g sih ma bibliografi?

    Reply
  11. icha says :

    July 22, 2011

    pusiiiiiiiing,, tgz’a lom, mo dkumpulin besok lagi..

    Reply
  12. cii cuii says :

    July 22, 2011

    humm ayep phe tha ………………..

    Reply
  13. ian Cnaga says :

    September 19, 2011

    hebatttttttttttttttttttttt

    teruskannnnnnnnnnnNNNNNNN

    Reply
  14. Ezii says :

    October 8, 2011

    ehm,,,,,,,,,thankz bgt bwt yang udah bikin laman ini..
    bermanfaat bgt deh pkoknya,,
    lain kali kasih yang lebih lengkap lagi donk,,biar tambah jelaz info nya,,hehe

    Reply
  15. leonardo sitohang says :

    October 14, 2011

    makasih ats bantuanya
    sekarang tugas saya sudah selesai,,

    Reply
  16. erwing says :

    October 26, 2011

    thans berat

    Reply
  17. roni says :

    October 28, 2011

    kok materi yang lagi anda bahas atau anda post kok sengkat sekali sech kk? apa memang udah daftar pustaka itu cuma sebatas pengertian saja.. tapi saya harap kita bisa saling bekerja sama dalam memperbaiki setiap hal yang baru buat kelangsungan pendidikan di negara kita

    Reply
  18. Cesaria Mei Nastiti says :

    November 3, 2011

    Pak, kok dikit bgt cih tulisannya?? Tambah lagi Pak materinya..

    Trims y Pak :)

    Reply
  19. byby says :

    November 8, 2011

    pusing,………
    kepala ente,.,,,

    Reply
  20. Kurniawan says :

    November 14, 2011

    Hmmm

    Reply
  21. silvia says :

    November 22, 2011

    gmana ne tugas buat bsook :(
    gg siiap lh niie
    sdiih

    Reply
  22. arman says :

    November 29, 2011

    terimakaasih atas ilmunya.

    Reply
  23. tatar_adi says :

    December 12, 2011

    makasih atas infonya

    Reply
  24. ray says :

    February 8, 2012

    makash bnyk mas, :)

    ngebantu bgt.

    Reply
  25. dadut says :

    February 22, 2012

    BAGUS MAKASIH INFONYA HEHE

    Reply
  26. yani says :

    February 23, 2012

    ngebantu shie….tapi pengenx yg lengkap…..he..he..
    but..thanks for you..

    Reply
  27. Evi says :

    March 12, 2012

    Mas gimana penulisan daftar pustaka dari novel terjemahan

    Reply
  28. ellya says :

    March 18, 2012

    sangat bagus

    Reply
  29. yasrid says :

    March 30, 2012

    bagus,, sangat bermanfaat

    Reply
  30. ismal says :

    March 30, 2012

    ngopi y

    Reply
  31. aprilia says :

    April 11, 2012

    setuju!

    Reply
  32. aprilia says :

    April 11, 2012

    bantu banget nih

    Reply
  33. darma says :

    April 17, 2012

    perfectbuangt mbak

    Reply
  34. jjj says :

    April 24, 2012

    MINTA COPIANNYA

    Reply
  35. maulisa says :

    May 29, 2012

    Manfaat banget niih 😀

    Reply
  36. maulisa says :

    May 29, 2012

    izin copy

    Reply
  37. santi says :

    June 8, 2012

    numpang ngopi

    Reply
  38. santi says :

    June 8, 2012

    suka

    Reply
  39. ady says :

    August 27, 2012

    teruskan

    Reply
  40. Galang Hutriadi says :

    September 6, 2012

    materinya terlalu berguna bagi si penulis, tidak untuk yang mempelajari tentang daftar pustaka

    Reply
  41. nadia says :

    January 4, 2013

    numpang ngopi ea. . . .
    thanks

    Reply
  42. nursamsu says :

    January 8, 2013

    ikut ngopy pa..

    Reply
  43. Dina says :

    January 13, 2013

    Numpang lihat yach…

    Reply
  44. kutukuliah says :

    June 2, 2013

    Mantap…nice post

    Reply
  45. Khiky says :

    December 10, 2013

    Mumet tugas terus..

    Reply
  46. Irma says :

    June 1, 2014

    informasinya membantu banget
    makasi :)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>