Contoh Penulisan Daftar Pustaka

Contoh penulisan daftar pustaka yang akan kita bahas di sini adalah mengenai sistematika dari penulisan daftar pustaka itu sendiri. Begitu memahami cara penulisan daftar pustaka, kita akan lebih fleksibel dalam menulis daftar pustaka. Dan untuk lebih valid lagi, kita akan menggunakan rujukan berupa kamus besar bahasa indonesia (KBBI). Mengapa KBBI? Karena KBBI boleh dikatakan sebagai rujukan utama dalam segala penulisan karya tulis berbahasa Indonesia. Di sebagian besar karya tulis yang pernah kangmoes baca, penulis karya tulis biasanya mengawali tulisannya dengan definisi. Jika tulisan tersebut berbahasa Indonesia, dari mana lagi kita mendapatkan definisi yang dapat dipertanggungjawabkan selain dari KBBI. Dengan asumsi seperti itu, segala bentuk tulisan yang terdapat di dalam KBBI tentunya sudah ditulis berdasarkan sistematika yang cermat dan hati-hati. Dan sesuai dengan bahasan kita saat ini, kita bisa belajar mengenai sistematika daftar pustaka dan cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar.
Kita bisa “pergi” ke halaman belakang untuk menemukan daftar pustaka ini. Di sana mungkin tidak tertulis daftar pustaka, bisa Pustaka Rujukan, Pustaka Acuan, bahkan versi bahasa inggrisnya, yakni Bibliografi. Menurut kangmoes, semua ini sama saja.
Dari situs, kita bisa menemukan sebuah pola penulisan daftar pustaka yang kurang lebih seperti ini:
penulisan daftar pustaka
Pada bagian pertama dari penulisan daftar pustaka adalah nama pengarang.
Aturan penulisan nama pengarang ini (walaupun kadang kurang relevan) adalah nama belakang penulis ditulis didepan nama depan yang kemudian dipisahkan dengan tanda koma.
Contoh nama pengarang Slamet Raharjo ditulis:
Raharjo, Slamet
Nama pengarang Bagoes Rupamu ditulis:
Rupamu, Bagoes
Kangmoes berasumsi bahwa penulisan ini karena meniru gaya penulisan daftar pustaka ala eropa. Di negri “Walanda”, nama belakang adalah nama yang menunjukkan nama keluarga yang biasanya digunakan untuk menghormati atau memanggil orang yang belum akrab. Sedangkan nama depan digunakan untuk orang orang yang sudah sangat akrab misalnya adik kepada kakak dan sebaliknya. Paling tidak itu kesimpulan yang kangmoes dapatkan dari film-film asing yang kangmoes lihat (wah kemakan film nih kangmoes :) ). Masih ingat presiden AS saat ini? Siapa? Ya, orang lebih hafal dengan “Obama”. Bukan “Barrack” yang nama depannya.
Nah mengapa diawal tadi kangmoes menyebut aturan penulisan nama pengarang ini “kurang relefan”? Karena setahu kangmoes, jumlah orang yang menggunakan nama keluarga sebagai nama belakang tidak sebanyak jumlah orang yang tidak menggunakan nama belakang sebagai nama keluarga di Indonesia.
Bagian kedua adalah tahun penerbitan karya tulis. Ini tidak perlu diterangkan lebih lanjut. Sebua orang juga tahu kalau ditanya “tahun berapa sekarang?” pasti menulis seperti ini:
2010
bukan seperti ini:
dua ribu sepuluh
Bagian ketiga adalah judul karya tulis. Judul karya tulis ini ditulis miring. Bukan miring nulisnya. Atau orangnya. Tapi tulisannya. Sebutan yang paling cocok adalah italic. Ketika kangmoes masih SMP (kalau tidak salah) kangmoes pernah diajarkan untuk menulis judul karya tulis dalam daftar pustaka ini dengan digaris bawahi. Belakangan kangmoes berpikir. Kenapa harus digaris bawahi? Kangmoes menganalisis: karena pada waktu itu komputer masih belum se-umum mesin ketik. Dan seperti yang kita ketahui mesin ketik tidak bisa digunakan untuk menulis miring ehm masudnya italic. Apalagi kalau pas lagi ujian (yang tentunya peserta ujian hanya menggunakan tulisan tangan). Tentunya akan sulit dibedakan mana tulisan yang italic atau yang bukan. Terutama bagi para siswa yang tulisan tangannya memang italic secara default :)
Bagian keempat dan kelima adalah nama kota dan nama penerbit. Tidak ada yang aturan spesial di sini. Selain penulisan kedua nama ini dipisahkan dengan tanda titik dua.
Ingat titik dua itu seperti ini lho ya :
Bukan seperti ini ..
Aturan tambahan yang perlu diingat adalah kesemua “entry” atau “masukan” diatas dipisahkan dengan tanda titik, kecuali nama kota dan penerbit seperti yang disebutkan diatas. Jadi jika ditulis, contoh daftar pustaka berdasarkan sistematika diatas menjadi semacam ini:
Rahajo, Slamet. 2010. Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Baik dan Benar. Yogyakarta: Pustaka Senang Bahagia.

penulisan daftar pustaka yang bersumber dari kbbi online

65 Response(s)

  1. Kang Jepri says :

    October 6, 2010

    Bagus sekali infonya gan. :)

    Reply
    1. widia andayani says :

      January 29, 2011

      dak ngari wak do……………………………

      Reply
  2. rita says :

    October 17, 2010

    ga ngerti saya

    pusing

    Reply
  3. fahry says :

    December 11, 2010

    okeeehh thanks yahh..

    Reply
  4. eggy says :

    December 22, 2010

    kalo utk penulisan daftar pustaka yang ngambil dari internet gimana ?

    Reply
  5. Indar Meliana says :

    January 5, 2011

    Lha,,, kalo nyang ngambil dr Internet ntu gimane caranya,, ??

    Reply
  6. muhammad taisir says :

    January 12, 2011

    WAHE….WAHE… BAGUS… TAISIR NE, UNIVERSITAS MATARAM

    Reply
  7. sivva says :

    January 12, 2011

    lumayan ko

    Reply
  8. ayu says :

    January 13, 2011

    pusing, info kurang jelas

    Reply
    1. kangmoes says :

      January 19, 2011

      mbak Ayu, sekarang sudah ditemukan loh yang namanya “obat sakit kepala”, hehehe

      Reply
  9. T@tan'k says :

    January 21, 2011

    Thanks atas infox, ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tgs2 kampus khususnya tgs karya ilmiah.

    Reply
  10. setia says :

    February 17, 2011

    format daftar pustakanya tidak sibutkan style mana yang digunakan?

    Reply
  11. helen says :

    February 21, 2011

    ora mudeng.. =S

    Reply
  12. moel says :

    February 22, 2011

    kalau pengarangnya lebih dari satu gmna?

    Reply
  13. ARDI says :

    March 27, 2011

    infonya oke.pas untuk un ntar……

    Reply
  14. moechleez says :

    April 3, 2011

    makasih atas info nya,
    ini sangat membantu saya….
    kalo ada info baru tolong kasi tau saya, ya!
    kirim aja lewat e mail

    Reply
  15. amir says :

    April 20, 2011

    dunia ini menjadi indah karena selalu ada orang yang menyampaikan sesuatu secara humor seperti kangmoes ^_^

    Reply
    1. kangmoes says :

      April 26, 2011

      makasih mas Amir. saya senang atas apresiasi mas Amir :)

      Reply
  16. Fitria says :

    April 22, 2011

    Ni bisa ngebuat qta menjadi tahu . .
    TQ GAN . . πŸ˜€

    Reply
  17. Fitria says :

    April 22, 2011

    Tp cba aj ni da conth dari nama mp pnerbit’a .

    Reply
  18. ghina says :

    May 7, 2011

    kalau penulisnya:prof.Dr. Nana Syaodih Sukmadinata nulisnya gimana?

    Reply
  19. rodhi rhoma says :

    May 28, 2011

    kalau menggunakan kbbi penulisan nya bagaimana?
    pengarangnya siapa? tahun terbit dan kota?

    Reply
  20. andi says :

    June 17, 2011

    caranya gmn????????saya gk ngerti pusing?????????

    Reply
  21. wahhid says :

    June 18, 2011

    kalau KBBI 2001 terbitan Balai Pustaka, siapa penulisnya ?

    Reply
  22. Gebby Mongi says :

    June 22, 2011

    Menurut saya , daftar pustaka itu sangat penting untuk mengetahui sebuah sumber tulisan / informasi yang di muat dalam referensi !!!

    Reply
  23. owrien says :

    August 16, 2011

    makacih

    Reply
  24. helga says :

    October 13, 2011

    cacad masa ga ada contoh daftar pustaka yg bener sihh??????
    πŸ˜›

    Reply
  25. hendra says :

    October 22, 2011

    gmn si carax menyusun daftar pustaka…???

    Reply
  26. hendra says :

    October 22, 2011

    bisa di bantu ngga kwan carinya gmn
    tolong di bantu ya…”???
    :)

    Reply
  27. Rera Dwi Agita says :

    October 23, 2011

    terimakasih, infonya sangat bermanfaat πŸ˜€

    Reply
  28. lintar says :

    October 23, 2011

    masa g ad contohny siiiiiiiiihhh!

    Reply
    1. lintar says :

      October 23, 2011

      makaseeh, tp ini membingungkan owg…

      Reply
  29. cindy says :

    November 1, 2011

    arigato gozaimasu

    Reply
  30. VINCENTIA says :

    November 10, 2011

    bikin pusing euy

    Reply
  31. sarah says :

    November 12, 2011

    pengen contoh’a bkn pengertian’a bikin mahk hese.

    Reply
  32. risa says :

    November 13, 2011

    app ini

    Reply
  33. Merlyanti dalope says :

    December 6, 2011

    Thankz ats infonya….krna skrg aq uda ngrti…

    Reply
  34. rozhe febri twinira says :

    December 22, 2011

    makasih atas info’y sangat membatu sangat membatu sekali unuk menyelesaikan tgs akhir

    Reply
  35. agus ardita says :

    January 1, 2012

    bagaimana cara penulisan daftar pustaka dalam artikel?

    Reply
  36. anto jentle says :

    January 3, 2012

    meski aku bingung, tapi thanks

    Reply
  37. ian says :

    January 7, 2012

    thanks ……. you

    Reply
  38. Nana Sarluf says :

    January 22, 2012

    Thank You….:)

    Reply
  39. Dhea Sarluf Imudth says :

    January 22, 2012

    Alhamdullilah……..
    Terima Kasih banyak… B)

    Reply
  40. putra_jeneponto says :

    January 29, 2012

    kalo nulis daftar pustaka yang sumbernya diambil dari internet, gimana?

    Reply
  41. Veby Vabyo says :

    February 7, 2012

    .Thanks yaa..

    Reply
  42. siska cahyani says :

    February 7, 2012

    kalo nulis daftar pustaka dari artikel gimana?

    Reply
  43. rifqi fuad says :

    February 9, 2012

    trimakash….

    Reply
  44. arif hidayat says :

    February 14, 2012

    Gedeee Sich Tapi Rela Bagi”

    Reply
  45. arif hidayat says :

    February 14, 2012

    thx atas Info nya Gan Makasi” πŸ˜€

    β„’TheLastβ„’

    Reply
  46. mariana diahsusilawaty says :

    February 18, 2012

    saya udah buat daftar pustaka, hnya ingin sempurnakan aja, apa sudah baik n benar. trima kasih, jangan lupa tengoklah blog aku n komen ya.

    Reply
  47. erika desilawati says :

    February 22, 2012

    kta sya itu slah ………

    Reply
  48. erika desilawati says :

    February 22, 2012

    bgus itu…..

    Reply
  49. hendra says :

    February 24, 2012

    makasih bos, cara menjelaskanya mantap

    Reply
  50. neni mulyani says :

    February 25, 2012

    saya sangat terbantu dengan penjelasan anda,,terima kasih,,,

    Reply
  51. wen lest ab says :

    February 26, 2012

    keren(tulis komentar anda di sini)

    Reply
  52. keciil says :

    March 1, 2012

    hhaha…
    RUPAMU BAGOESS

    Reply
  53. Adik says :

    March 3, 2012

    kalau egk ada kota penerbit gmn nulisnya?

    Reply
  54. Jenny says :

    March 7, 2012

    bgaimna dengan daftar pustaka yang misalnya diambil dri internet??
    cara penulisannya gimana??

    Reply
  55. Mansur Purba says :

    March 8, 2012

    makasih Kang, kocak lagi.

    Reply
  56. Michael Dave says :

    March 11, 2012

    siip infonya bisa belajar buat ujian sekolah. Hehehe

    Reply
  57. Michael Dave says :

    March 11, 2012

    siip, sekalian belajar buat usek

    Reply
  58. Oscar Mamment says :

    March 13, 2012

    Terima kasih.Thank you.Matur nuhun.Gracias.Arigato.(Apa lgi yach ???…)

    Reply
  59. Chintya Audina says :

    March 27, 2012

    Bagus infonyaa ,kata”nya sama yg lg saya pelajari di sekolah SMA/SMK.:)

    Reply
  60. Chintya Audina says :

    March 27, 2012

    Thank you atas infonyaaa ,jadi skrg saya alhamduliah sudah pengerti :)

    Reply
  61. angga gustira says :

    February 8, 2013

    BAGUS NIH

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>