Contoh Karya Tulis

Sebelum berbicara mengenai contoh karya tulis, ada baiknya kita mengenal definisi karya tulis itu sendiri. Karya tulis dapat di pecah menjadi dua kata yakni karya dan tulis. Kata “karya” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti pekerjaan, hasil perbuatan, buatan, ciptaan (terutama karangan). Lebih jauh, KBBI menjelaskan arti “karya” dengan sebuah kalimat ini; novel Belenggu merupakan karya terkenal Armijn Pane.
Contoh karya tulisSedangkan kata “tulis”, tidak didefinisikan secara tunggal oleh KBBI. Ini mungkin karena kata “tulis” bukan merupakan kata benda. Sehingga KBBI menjelaskannya dengan menambah imbuhan untuk memperjelas. Misalnya;
“bertulis” dijelaskan sebagai; ada huruf (angka dsb) yang dibuat (digurat dsb) dengan pena (pensil, cat, dsb)
“menulis” dijelaskan sebagai; membuat hufur (angka dsb) dengan pena (pensil, kapur, dsb)
“tulis-menulis”dijelaskan sebagai perihal menulis (mengarang dsb).
“tulisan” dijelaskan sebagai hasil menulis, barang yang ditulis, cara menulis, karangan, (dl majalah, surat kabar, dsb atau yang berupa cerita, dongeng, dsb), buku-buku (karya-karya tulis dsb) gambaran, lukisan, batik (yg bukan batik cetak) suratan dengan tertulis.
Dari kedua definisi diatas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa definisi karya tulis adalah segala bentuk hasil olah pikir manusia yang dituangkan dalam tulisan. Sehingga jika merujuk pada definisi ini, setidaknya ada 2 macam contoh karya tulis. Contoh karya tulis tersebut adalah; karya tulis fiksi dan karya tulis non fiksi.
Karya tulis fiksi adalah karya tulis yang merupakan rekaan, khayalan, atau hasil imajinasi manusia. Contoh karya tulis fiksi antara lain; cerpen, novel dan puisi.
Jika cerpen adalah sebuah prosa mengenai kejadian dalam kehidupan seseorang, maka novel sedikit berbeda. Novel adalah karangan prosa panjang dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang disekelilingnya dan menonjolkan watak dan karakter dari tiap tokoh dalam cerita tersebut. Contoh novel Indonesia yang sangat terkenal adalah novel berjudul Ketika Cinta Bertasbih (KCB). Saking panjangnya cerita di novel ini sampai terbagi menjadi 2 buku. Salah satu hal yang cukup menonjol dari novel ini adalah sebuah pengajaran nilai-nilai moral yang terselip dalam setiap rangkaian cerita.
Jenis yang karya tulis yang kedua adalah karya tulis non fiksi. Sebagai kebalikannya karya tulis nonfiksi merupakan hasil olah pikir manusia yang melibatkan data dan informasi nyata dan terkadang menggunakan kaidah-kaidah penulisan yang baku. Contoh karya tulis non fiksi antara lain; opini, essay, artikel, dan laporan penelitian. Termasuk didalamnya skirpsi, thesis dan disertasi. Berikut ini ulasan contoh karya tulis diatas;
Opini dan essay adalah dua hal yang mungkin cukup lekat dengan kita sejak masa-masa sekolah. Entah itu dari tugas guru bahasa Indonesia atau dari berbagai lomba karya tulis. Kita mungkin sering mendengar jargon-jargon dalam lomba tersebut seperti ini; lomba penulisan opini, lomba penulisan essay, lomba karya tulis opini dan sebagainya. Padahal menurut kamus besar bahasa indonesia, opini dan essay memiliki pengertian yang sama.
Opini adalah pendapat, pikiran atau pendirian seseorang. Sedangkan essay (yang dalam KBBI di tulis “esai”) adalah karangan prosa yang membahas dari sudut pandang pribadi penulisnya. Dari informasi tersebut, kita bisa mengetahui bahwa sebenarnya esai dan “karya tulis berbentuk opini” adalah dua hal yang sama. Opini adalah isinya sedangkan esai karya tulisnya. Untuk mendapatkan contoh karya tulis jenis opini, kita bisa membukanya dari surat kabar. Hampir semua surat kabar yang beredar disekitar kita memuat karya tulis opini didalamnya. Beberapa surat kabar bahkan tidak hanya memuat satu, tapi beberapa opini sekaligus dalam terbitan hariannya.
Artikel adalah karya tulis lengkap misalnya laporan berita dalam surat kabar, majalah dan sebagainya.
Skripsi adalah karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya.
Tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen yang dikemukakan dalam karangan untuk mendapatkan gelar kesarjanaan dalam sebuah perguruan tinggi. Dalam hal ini KBBI menyamakan pengertian tesis dengan disertasi. Disertasi sendiri didefinisikan sebagai karangan ilmiah yang ditulis untuk memperoleh gelar doktor.
Demikian pembahasan dapat kangmoes sampaikan. Semoga pembahasan tersebut berguna bagi anda. Kangmoes terbuka atas masukan dan koreksi mengenai contoh karya tulis yang kangmoes bahas diatas.


contoh beberapa karya tulis cerpen, karya tulis adalah

72 Responses

  1. IIN PW says:

    sip, benar banget segala sesuatu yang kita lakukan bisa kita tuangkan didalam sebuah karya

  2. Ini yang saya cari, maklum baru belajar pengen bisa buat essay,, salam kenal. Thx.

  3. pengen belajar membuat karya tulis, pernah saya mengirimkan opini dimedia massa dan berhasil dimuat, sangat bangga karna masih tergolong pemula..

  4. neng it says:

    good information…tapi karya tulis juga bisa digolongkan menjadi karya tulis ilmiyah n karya tulis bebas lho.
    karya tulis ilmiyah adalah hasil cipta pikiran yang ditulis dalam bentuk tulisan yang ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah, misalnya hasil penelitian. jika karya tulis bebas bisa mencakup fiksi maupun non fiksi yang tidak terikat dengan kaidah ilmiyah

  5. norma says:

    pengen belajar lebih dalem tenteng karya tulis

  6. raja says:

    jdi pengen buat karya tulis nih,kali aja bisa bermanfaat.

  7. roszye says:

    pengen buat karya tulis.

  8. hana zunia rini says:

    hemmmmmm……. jujur aku masih bingung nie..!! aku memang sering menulis tapi apakah sebuah cerpen bisa digolongkan sebagai karya tulis? dan apa bedanya?????????? hehehe….

  9. wAcHyOunEe says:

    pNgn LbH MngRt tNtg Krya tUlis niCh..

  10. Yuniannadewi says:

    Pusing banget nich suruh nyari tugas karya sastra

  11. lilik says:

    bagus dalam membantu yang belum bisa membuat artikel atau dalam penulisan tersebut. jadi bermanfaat, bagus banget

  12. faris putra says:

    bagus banget

  13. maya says:

    gimana yah cara bikin artikel yg baik . .

  14. sarny says:

    bagusz”….kebetulan Aku gy ada tugas nhii tentang karya tulis…………

  15. chafia says:

    tolong buatin karya tulis tentang monas,pp iptek,monumem pancasila

  16. fathurrahman al-mubarak says:

    assalamu’alaikum… langsung jha yea.. Q pengen nanyak nich jika gimana cara menulis yang menghasilkan uang,,, and gimana cara menuis yang baik. atas infonya syukron jazila

  17. dynha anggraeni says:

    miqum,,, pngenn nnya nee,,,,,,
    kan qu pnya hoby nulis, tpi mnrut tmen”qu tulisn’qu tlalu mmkai bhsa ank muda skrang,,,?????? trus lo kya gtoo ntuh trmsuk novel pha gak.,…????????

  18. Siith Siitha says:

    makasih atas informasinya yaa 😀

  19. goya melodis says:

    ouhh ya menurut aku tuh menulis suatu karya yang indah ya (L)

  20. nurkhalimah susanty says:

    hey..
    share dunk, contoh esai non sastra tu gimana…
    di tunggu ya jawaban nya,,
    thanks

  21. Mei trina says:

    Gw d srh bt tgs esai
    thx y tips n comment yg da d posting kn..

  22. Nonik says:

    Ya ya ya…sangat bermanfaat. Tinggal praktiknya. Siip..!

  23. andi wijaya says:

    Karya tulis sangat bermanfaat bagi siapapun, soalnya karya tulis mengandung arti yang ilmia kata-katanya dapat dibuktikan ( fakta ) dan aku menyadari bahwa karya tulis itu kalimat yang sejujur-jujurnya.

  24. tasrikiya says:

    good, saya usul buatkan contoh-contoh nya

  25. dinda says:

    qhue gk tauk karya tulis ilmiah thue pa.mzieh bngung qhue nhie smph ki

  26. ade irmayanti says:

    menurut sy, contoh karya tulis diatas kurang lengkap

  27. ayu says:

    kalau blh lbh lengkap

  28. Muhammad Jamil says:

    siiiiipp :)

  29. Nurpitriani says:

    waaahh… sangat2 membantu ^^

  30. irmawanti says:

    kurang jelas dengan apa yang dijelaskan, seharusnya ada contoh tersendiri didalamnya, jadi orang ga akan bingung, dengan apa yang ditulis

  31. adis says:

    ok bnget dahh…

  32. dhika says:

    wah…
    cucok bgt gt loh..

  33. sinta says:

    waw kata” yg sgt bguz

  34. Devi Eka Safitri says:

    Menarik :)

  35. imron says:

    mau belajar karya tulis dan jadi penulis pastinya

  36. riki says:

    thanks ya pak buat karyanya menurut saYA sangat bagus dan sangat menolong, semoga semakin sukses dan hikmat dari Tuhan terus mengalir sehingga dapat menolong yang lemah dengan karya2nya, aku medukung dalam doa untuk terus berkarya,sukses selalu menyertaimu. gbu

  37. YOHANES PANI says:

    TAMPILAN KARYA TULIS DIMEDIA SPT INI MEMBANTU PEMULA MENEMUKAN JATI DIRI, THANK’S …BANG!!!

  38. hanaru says:

    makasih buat kangmoes,,,, informasinya sangat berguna bagi saya dan teman2 yang lain. 100 jempol deh buat kang mus, he

  39. erik putra says:

    untuk mengembangkan imajinasi dibutuhkan sebuah karya sehingga menjadikan kesempurnaan dalam berfikir.

  40. Sri Mardianingsih says:

    Terima kasih atas info nya,,,,kebetulan lagi pengen mendalami materi yang anda sampaikan

  41. Sri Mardianingsih says:

    bisa dijadikan literatur ne,,,thnk yah..kebetulan lagi belajar ne,,

  42. pawit says:

    contoh karya tulis sangat penting saya miliki, sebeb bagi saya yang sedang mulai menggemari menulis Karya-karya tulis sangat membutuhkan sekali cantoh yang sebagai tuntunan menuju karya yang baik, benar dan bertanggung jawab

  43. ikhy farrel smsnsa ternate says:

    artikel memang menarik, sngat cocok d baca oleh ana-ana mdah zaman skrang :)

  44. hariadi says:

    Pengen ingin mendalami karya tulis hehe ..

  45. wildatul jannah says:

    Kita akan merasa lega bila isi hati kita tercurahkan

  46. deryl says:

    ada contohnya gak tentang karya tulis essay, terus sistematikanya bagaimana dan kandungan yang dimuat dalam karya tulis essay itu apa saja..?

  47. sry lailan nazmi imuet says:

    sebenarnya karya tulis dengan makalah itu sama atau hampir mirip.cuma bedanya kalau karya tulis perlu penelitian tetapi makalah tidak.

  48. afira hany says:

    Sungguh bgtu bhgia mmbaca ini..sangat mmbantu aku tuk selesaikn karyaku nnti.sebuah fiksi dlm hdpku..mohon bantuannya kang moes..Terimakasih

  49. aku setuju tentang karya tulis ini ,karna didalamnya mengandung makna yang sangat berguna dan bermanfaat bagi kalangan Pelajar. Dan sebagai motifasi.

  50. zahrah says:

    Pngen bnget nulis tpi gk pya ide

  51. eiry coeztha says:

    salam boss bisa bantu saya gak….
    mengenai karya tulis sosial dan seni budaya…

  52. ian says:

    kajian teori tu gmn ya?????????????
    aq gag bisa ock…………

  53. efit says:

    soga krya tulis ini bisa di copy paste

  54. Agung Sugiharto S.Pd says:

    Pa, trimakasih ilmunya.tolong kirimkan contoh artikel yang baik seperti apa, kriterianya bagaimana dlll ke email saya

  55. abi says:

    saya mau copy paste

  56. Dian Nurcahyani says:

    pusing tugas karya tulis

  57. adhi says:

    Ingin membuat karya tulis tentang self improvement ada yang bisa bantu ?

  58. niko says:

    aq kurang paham jon

  59. yennych says:

    SIIIPPP

  60. beni says:

    mungkin kah setiap kejadian bisa kita buat dalam sebuah karya tulis…???

  61. ade irawan says:

    contoh karya tulis

  62. aziza avita sari says:

    heeem… iya sich, tapi kalo bwat sekolah teh ?

  63. aziza avita sari says:

    ok dah

  64. puspasari says:

    tQ,,,membantu banget!!!!

  65. puspasari says:

    tQ infonya!!!

  66. dienda_imoetz says:

    kerennndddd

  67. ressa meilita septiyani says:

    baguss 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *