cara membuat emailBerikut ini tutorial atau panduan cara membuat email Yahoo. Pertama buka web browser anda. Dalam hal ini saya menggunakan Mozilla firefox.
Ketikan alamat mail yahoo yakni di mail.yahoo.com (tanpa www) lalu tekan enter. Sedikit tips, ketika menuliskan alamat situs, sebenarnya kita bisa menghemat waktu dengan tidak mengetikkan www. Misalnya kita ingin membuka situs Google, ketikkan saja google.com, sehingga kita bisa menghemat waktu dan melatih menjadi pribadi yang efisien dengan mengurangi hal yang tidak perlu dengan menghilangkan kebiasaan menulis www.
Ok kembali ke soal membuat email di yahoo, setelah anda menuliskan alamat mail.yahoo.com, maka tampilan Mozilla Firefox yang sebelumnya seperti ini;
cara membuat email

Akan berganti menjadi semacam ini;

cara membuat email

Gambar diatas adalah tampilan halaman muka dari mail.yahoo.com, background orang yang mengendarai mobil tersebut mungkin saja berubah ubah, tapi yang konstan alias tidak berubah adalah form isian Yahoo ID dan Password untuk masuk ke email kita. Tapi karena dalam hal ini kita ingin membuat email, maka kita asumsikan bahwa kita belum mempunyai Yahoo ID atau dengan kata lain kita akan membuat email yahoo.

Langkah Pertama yang harus kita lakukan adalah klik pada tombol bagian bawah yang bertuliskan Create New Account. Setelah kita mengeklik tombol tersebut maka halaman formulir seperti di bawah ini akan tampil;

cara membuat email

Di sini saya akan menerangkan satu persatu tentang pengisian formulir tersebut.

BAGIAN PERTAMA

Bagian pertama adalah kolom-kolom yang berisi pertanyaan mengenai data diri anda.

cara membuat email

Isikan First Name menggunakan nama depan anda dan Last Name menggunaka nama belakang anda. Untuk kolom berikutnya, yaitu kolom Gender, pilih jenis kelamin anda.  Male untuk Pria dan Female untuk wanita.

Kolom berikutnya adalah Birthday yang menanyakan tanggal lahir anda. Sedangkan kolom terakhir dari bagian pertama ini adalah Country atau Negara yang tentu saja kita pilih dengan Indonesia.

BAGIAN KEDUA

Bagian kedua dari formulir ini ditandai dengan tulisan Select an ID and Password. Di bagian kedua ini anda bisa menentukan Yahoo ID dan password anda. Bagi anda yang belum tahu apa itu Yahoo ID, Yahoo ID adalah semacam identitas pendaftaran anda di yahoo. Dengan kata lain, Yahoo ID adalah tanda pengenal anda sebagai keanggotaan di Yahoo atau mudahnya KTP anda sebagai “penduduk” atau anggota di Yahoo.

cara membuat email

Anda bebeas menentukan Yahoo ID sesuai dengan keinginan anda. Namun dalam menentukan Yahoo ID, ada persyaratan utama yang berlaku yakni; kita tidak bisa menggunakan Yahoo ID yang sudah di miliki oleh orang lain. Karena jika sama, system yahoo akan menolaknya secara mentah-mentah atau matang-matang :)

Bagaimana cara mengentahui Yahoo ID yang akan kita gunakan sudah dipakai orang lain atau belum? Caranya sangat mudah. Tinggal masukkan Yahoo ID pada kolom yang saya tunjukkan di atas. Dalam hal ini saya ingin memiliki Yahoo ID bernama ali.imron, sedangkan anda sendiri bisa memasukkan Yahoo ID sesuai dengan keinginan anda. Syarat lain dari sebuah Yahoo ID adalah tidak boleh terdapat spasi dan karakter aneh seperti “~!@#$%^&*(){}:;><“ dan spasi. Yang boleh adalah huruf, angka dan beberapa karakter seperti . (titik), _ (underscore). Jadi kita bisa memasukkan Yahoo ID soed1r_man. Lantas untuk mengecek Yahoo ID tersebut sudah di pakai atau belum, tinggal klik tombol check yang terdapat di bagian kanannya.

Dan seperti yang anda tebak, dalam kasus yang saya hadapi, Yahoo ID ali.imron sepertinya sudah dipakai oleh orang lain, karena tidak tersedia.  Jika anda mengalami hal yang serupa dengan saya, maka anda perlu mengganti Yahoo ID anda dengan nama yang lain.

cara membuat email

Seperti yang anda lihat pada contoh, saya menggantinya dengan nama ali.imron01 Tapi Yahoo ID tersebut juga tidak tersedia, dan sepertinya yahoo mulai kasihan dengan saya yang beberapa kali mencoba dan menampilkan alternatif Yahoo ID yang bisa saya gunakan yakni;

ali.imron0119@yahoo.com dan ali.imron0114@yahoo.com. Dalam hal ini saya memilih opsi yang kedua, sedangkan bagi anda, jika ternyata langsung diterima, segera beranjak ke kolom berikutnya yakni kolom password.

Barangkali saya tidak perlu menerangkan lebih jauh tentang apa itu password karena saya yakin anda sudah tahu. Secara singkat, password adalah kunci yang kita gunakan untuk masuk ke dalam email kita. Salah satu tips yang perlu kita ketahui untuk membuat password yang baik adalah buatlah password yang panjang, berisi kombinasi huruf dan angka. Dengan begitu, email anda akan semakin susah untuk dibobol oleh orang lain yang ingin mengacau anda. Semakin rumit kombinasi password anda, maka semakin kuat password anda. Indikator kekuatan password anda dapat anda lihat di bagian kanan dari password yang anda buat. Di sini indikator dari password yang saya buat menunjukkan 3/4 . Cukupan lah menurut saya :)

cara membuat email

BAGIAN KETIGA

Bagian ketiga, yang diawali dengan kalimat in case you forget your ID or password… Bagian ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang berguna untuk mengembalikan password anda jika suatu ketika anda lupa terhadap password anda. Jadi jika suatu ketika anda lupa terhadap password anda, anda akan ditanya pertanyaan-pertanyaan yang harus anda jawab dengan data yang akan anda isi dibawah ini.

cara membuat email

Kolom pertama yakni Alternate Email (optional) bisa anda isi dengan alamat email anda yang lain, jadi jika suatu ketika anda lupa password dari email yang sedang anda buat saat ini, anda bisa mengembalikannya dari email yang anda masukkan di bagian Alternate Email (optional) ini. Namun karena di sini kita asumsikan anda sedang membuat email pertama anda, maka bagian ini dikosongi saja.

Kolom berikutnya yakni Secret Question 1 dan Secret Question 2 adalah pertanyaan-pertanyaan rahasia tentang hal-hal yang berkenaan dengan anda. Misalnya untuk Secret Question 1 saya memilih pertanyaan what is the first name of your favourite uncle atau jika diterjemahkan menjadi “siapa nama depan dari paman kesayangan anda”. Saya tulis di bagian Your Answer dengan Abdurrahman. Dan pada pertanyaan rahasia yang kedua saya pilih what was the last name of your best chilhood friend. Dan di bagian Your Answer saya tulis slamet.

BAGIAN TERAKHIR

Bagian terakhir dari formulir ini adalah tulisan unik untuk yang berisi huruf yang agak dipilin-pilin. Huruf ini adalah kode yang berguna untuk melindungi sistem dari program atau robot. Secara sederhana kode ini bertujuan untuk mengenali bahwa anda adalah manusia, bukan robot. Mengapa, karena saat ini sepertinya baru manusia saja yang bisa membaca huruf dalam gambar. Sedangkan untuk saat ini program atau robot belum bisa membaca tulisan yang terdapat pada gambar. Tentu saja jika beberapa tahun kedepan sudah ada program untuk membaca tulisan dalam gambar, perlindungan ini menjadi tidak efisien lagi. Tapi kita serahkan saja hal tersebut kepada tim Yahoo untuk menanganinya, saat ini persoalan kita hanyalah bagaimana cara membuat email di Yahoo.

Jadi tinggal masukkan kode yang terdapat di gambar pada kolom dibawahnya lalu klik tombol Create My Account.

cara membuat email

Setelah itu terkadang sistem dari Yahoo memberitahukan Look like there was some trouble creating your account. Please take a moment to review your answer. Atau kurang lebihnya, kita diberi tahu untuk memeriksa kemungkinan isian yang salah dari formulir kita. Tidak perlu pusing, cukup cek ulang dan masukkan kode lagi lalu tekan Create My Account lagi.

cara membuat email

Jika langkah diatas sudah anda lewati, maka akan tampil jendela seperti ini;

cara membuat email

Jika anda sudah melihat jendela diatas, itu berarti bahwa email anda sudah berhasil dibuat. Tekan continue untuk melanjutkan.

cara membuat email

Selamat, jika anda sudah melihat jendela seperti yang terlihat diatas itu berarti anda berada di dalam email anda. Dari sini anda bisa mengirim email, membaca email, chatting dari dalam email dll. Agar tidak terlalu panjang, pembahasan cara mengirim email kita pisahkan dari artikel cara membuat email Yahoo ini. Semoga artikel cara membuat email Yahoo ini dapat berguna bagi anda.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda. Lihat caranya

  • zakadalla

    saya belum ngerti tentang cara membuat website,minta penjelsan


  • GINA

    I LIKE


  • farda

    mau copy paste


  • fitri tiffany

    iya,saya sekarang sudah mengerti cara membuat email. penjelasannya sangat bagus dan mudah dipahami.


  • Nabila

    makasih sangat membantu


  • bina

    Thank u


  • agung sucipto

    terima kasih gan artikel nya…
    ini sangat membantu.