IMB atau Izin Mendirikan Bangunan adalah hal yang sangat terkait dalam dunia properti dan bangunan. Kita mungkin sering melihat di beberapa kawasan pemukiman penduduk dapat terlihat plang yang bertuliskan “pastikan setiap bangunan memiliki  IMB” atau semacamnya. Ini mungkin merupakan upaya pemerintah untuk memberikan kesadaran atau sosialisasi mengenai pentingnya IMB bagi bangunan dari masyarakat. Tentunya ini berkaitan erat dengan upaya pemerintah untuk membuat tatanan kota yang teratur.
Karena berkaitan dengan peraturan, sudah pasti kita bisa menarik kesimpulan bahwa orang yang melek hukum tahu akan pengertian IMB. Namun kita juga tahu bahwa tidak semua orang merupakan praktisi hukum. Jadi memang tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian orang tidak mengetahui mengenai pengertian IMB atau definisi IMB.
Izin Mendirikan Bangunan atau IMB adalah izin yang diberikan untuk melakukan kegiatan membangun. Izin ini dapat diterbitkan bila rencana bangunan dinilai telah sesuai dengan ketentuan yang meliputi aspek pertanahan, aspek planologis, aspek teknis, aspek kesehatan, aspek kenyamanan dan aspek lingkungan. Lantas bagaimana halnya dengan bangunan yang terlanjur dibangun namun belum memiliki IMB? Biasanya si pembangun bangunan akan mendapatkan denda atas tindakannya tersebut. Karena idealnya waktu mengurus IMB dilakukan sebelum mendirikan bangunan. Namanya saja Izin Mendirikan Bangunan. Kalau dilakukan setelah mendirikan bangunan tentu bukan lagi izin namnya, tapi Laporan Mendirikan Bangunan, hehehe.
Hanya saja karena mengurus IMB juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar, beberapa orang sengaja mengambil resiko terkena denda IMB daripada harus menunggu lama. Ini bisa saja terjadi pada kontraktor bangunan untuk mengefisienkan waktu pendirian bangunan. Asal dapat dipastikan bahwa sebuah bangunan pasti mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan atau IMB, dengan menerima konsekuensi biaya IMB sedikit lebih mahal, beberapa orang mengambil jalan untuk mendirikan bangunan sebelum mendapatkan IMB. Namun tentu saja jalan yang prosedural adalah dengan membuat IMB atau Izin Mendirikan Bangunan terlebih dahulu.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda. Lihat caranya

  • Rachmat

    Artikel ini saya rasa bagus untuk bahan masukan meningkatkan kinerja SKPD kami Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu


  • YADILAHAP

    SANGAT BAGUS