Hak Pakai adalah hak untuk menggunakan dan / atau memungut hasil dari tanah yang dikuasai langsung oleh Negara atau tanah milik orang lain yang member wewenang dan kewajiban yang ditentukan dalam keputusan pemberiannya oleh pejabat yang berwenang memberikannya atau dalam perjanian dengan pemilik tanahnya ( pasal 41 ayat UUPA) .

Objek hak pakai adakah tanah untuk  pertanian dan bukan pertanian dan bukan pertanian , tanah Negara , tanah hak pengelolaan. Subjek hak adalah perorangan warga Negara Indonesia dan warga Negara asing yang berkedudukan di Indonesia, badan hukum Indonesia dan badan hukum asing yang mempunyai badan perwakilan di Indonesia , perwakilan asing , serta badan- badan pemerintah. Ja ngfka waktu hak pakai atas tanah dan tanah HPL paling lama 25 tahun dan dapat diperpanjang maksimum 20 tahun.

Pengalihan hak pakai

Hak pakai atas Negara hanya dapat dialihkan  atas izin pejabat yang berwenang / BPN . pengalihan hak pakai atas tanah hak milik hanya dapat dialihkan jika hal tersebut dimungkinkan  dalam perjanjian pemberian haknya , peralihan hak pakai atas tanah hak pengelolaan harus dilakukan dengan persetujuan tertulis dari pemegang hak penmgelolaan. Hak pakai dapat dibebani dengan hak tanggungungan  sebagai  jaminan  hutang . bila pemegang hak pakai meninggal dunia hak pakaoi jatuh kepada ahli warisnya.

Landasan hukum hak pakai

Hak pakai diatur dalam pasal 16 UUPA No. 5 btahun 1960 dan PP No.  40  tahun 1996. Hak pakai dapat diberikan atas tanah Negara , tanah hak pengelolaan oleh pemerintah dan atas tanah hak milik oleh pemegang hak milik. Demikian ulasan singkat mengenai hak pakai.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda. Lihat caranya

  • ridwan nusa

    trimmah kasih,kkrna sdah bisa mmbntu saya dlm tgas harian..


  • yumi

    mksh buat blog nh yg dha bntu saya ngrjain tgas saya tngtng hak pakai

    tpi lw bza kritik dikit, blog hak pakai nh krng lngkp,
    dmana hpus nh hak pakai, dan jangka waktu hak pakai nh gha adha
    mksh