Hak Guna Usaha adalah hak untuk mengusahakan tanah yang dikuasai langsung oleh Negara ( pasal 28 ayat 1 UUPA)

Objek hak guna usaha : tanah yang diusahakan dalam bidang pertanian , perkebunan , perikanan , dan peternakan luas minimum lima hektar, untuk perseorangan luas maksimum 25 hektar. Untuk badan usaha luas maksimum ditetapkan oleh menteri.

Subjek hak guna usaha: perorangan warga Negara aaindonesia dan badan hukum Indonesia. Jangka waktu penggunaan : maksimum 35 tahun dan dapat diperpanjang paling lama 25 tahun. Permohonan perpanjangan hak guna usaha diajukan selambat- lambatnya dua tahun sebelum berakhirnya hak guna usaha tersebut.

Pengalihan : hak guna usaha dapat beralih dan di alihkan dan dapat dibebani dengan hak tanggungan sebagai jaminan hutang . hak guna usaha diberikan atas tanah Negara denga n keputusan dari instansi BPN. Peraturan pemerintah no. 40 tahun 1996 adalah landasan hukum Hak Guna Usaha.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda. Lihat caranya

  • andreas oktanda, sh

    terus, kalau HGU nya udah habis, tapi tanamannya masih ada, apakah tanamannya juga kembali kepada negara kalau tidak ada yang menggantikan HGU..?mohon pendapatnya beserta dasarnya, trims…


    • Febri D. Pramono

      kembali ke negara bukan semerta-merta begitu saja tp secara fisik masih bisa munguasai karena hak perdatanya jika hak perdatanya masih melekat ( bangunan, tanaman, garapan dsb) bahkan bisa di ajukan untuk alas hak atas tanah yang baru.