Begel adalah salah satu komponen yang cukup penting dalam membuat bangunan dewasa ini. Begel umumnya terbuat dari besi dengan ketebalan tertentu. Seorang teman saya yang praktisi bangunan kalau tidak salah pernah berujar bahwa besi yang digunakan adalah sekitar 6mm.

Harga begel cukup bervariasi sebagaimana bahan bangunan yang lainnya. Namun sebagaimana bahan bangunan yang lain, apabila kita membeli begel dari pengrajin langsung kita bisa berpeluang untuk mendapatkan begel dengan harga yang lebih murah.

Bukankah pembuatan begel cukup mudah sehingga kita tidak perlu beli begel dalam bentuk jadi? Memang benar, begel boleh dikatakan hanyalah bengkokan-bengkokan besi yang bisa di buat oleh semua tukang bangunan. Tapi apabila kita hendak membuat untuk kepentingan kita sendiri, tentu dari segi efisiensi kita patut untuk mempertimbangkannya. Ambil contoh sederhana seperti ini; Apabila kita hendak mencetak buku, mana yang lebih menguntungkan? Mencetak dengan mesin cetak sendiri atau mencetak di tempat orang.

Dari hitungan matematis, mungkin akan kita temukan bahwa dengan mencetak menggunakan mesin cetak sendiri akan lebih banyak untungnya. Tapi jika kita belum punya mesin cetak dan harus beli terlebih dahulu, tentu saja menjadi tidak efisien manakala yang kita cetak hanyalah beberapa puluh buku. Akan lebih rasional jika kita berikan saja pengerjaan pencetakan itu kepada percetakan dan kita mengambil untung dari penjualan bukunya saja. Kita malah punya waktu yang lebih banyak untuk membanding-bandingkan harga antara percetakan yang satu dengan yang lainnya. Jadi tidak perlu membeli mesin cetak sendiri.

Sama halnya dengan perumpamaan warung makan. Menanam padinya sendiri tentu akan lebih banyak potensi untungnya (keuntungan dari harga beras + keuntungan dari penjualan nasi). Tapi tentu lebih efisien jika kita tinggal beli di pasar. Bahkan dengan beli di pasar, kita bisa memilih mana yang murah dan mana yang bagus.

Begitu pula dengan begel. Kalau lebih efisien membeli begel dalam bentuk jadi, “ngapain” harus bikin sendiri. Toh jika kita membeli begel dalam jumlah besar, kita bisa mempunyai bargaining position yang bagus untuk meminta diskon besar. Jadi selamat membeli begel.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda. Lihat caranya