Pengertian opini menurut kamus besar bahasa indonesia sangat sederhana: pendapat, pikiran, atau pendirian. Namun terkadang kita sebagai seorang pelajar misalnya menganggap menulis sebuah karya tulis opini sebagai sebuah malapetaka. Padahal jika meninjau pada pengertian opini menurut KBBI tadi, seharusnya menulis opini bisa lebih mudah daripada yang kita bayangkan.
pengertian-opiniDalam kehidupan sehari-hari pun sebenarnya kita sudah terbiasa untuk menghasilkan opini. Ketika ditanya ; “eh mie ayam di depan sekolah kita itu enak tidak?” Kita pasti akan menjawab dengan mudah. Enak atau tidak. Sederhana dan kelihatan tidak bisa menjadi sebuah opini bukan? Namun jika digali lebih lanjut jawaban dari pertanyaan tersebut menyimpan segudang alasan dan pendapat pribadi kita mengenai mie ayam yang ditanyakan. Jika kita menjawab “enak” kita bisa mengungkapkan berbagai alasan mengapa kita menyukai mie ayam tersebut. Mulai dari mie ayamnya sendiri, cara penyajian, pelayanan, cara pembuatan, orang yang membuat, sampai pada kondisi warung tempat jualan mie ayam. Jika kesukaan kita akan mie ayam tersebut dijabarkan mungkin butuh waktu sepuluh sampai limabelas menit.
Sekarang coba bayangkan bila “ocehan” kita tadi direkam dan ditulis. Tentu akan menjadi sebuah tulisan yang berlembar-lembar bukan? Tidak peduli apakah kita menyukai atau tidak menyukai akan suatu hal, alasan yang mendasari pikiran kita tersebut sebenarnya bisa kita tumpahkan pada berlembar-lembar tulisan dikertas.
Hanya saja terkadang kita mungkin terkendala pada kaidah-kaidah penulisan dalam bahasa indonesia yang baik dan benar. Namun menurut kangmoes, untuk langkah awal dalam menulis opini terkadang kita perlu melanggar aturan-aturan penulisan tersebut. Bukankah ketika awal mula berbicara bahasa indonesia kita tidak bisa langsung berbahasa indonesia dengan kaidah-kaidah baku? Seiring dengan berjalannya waktu, kita lalu memperbaiki pola bicara kita dalam berbahasa indonesia. Seharusnya menulis opini bisa sama mudahnya jika kita mengacu pada pengertian opini diatas.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda. Lihat caranya

  • dhe dudan

    mksh ats informasiny…


  • indri

    yup.. bener bangt, terkdng ktika guru/dosen memberikn tugs membuat opini, kita bingung stngh mati nyari kata-kata bwt mengawali tulisn tersebt..
    tapi setelh bca artikel mengenai opini ini, saya jd termotivasi untk mencoba kmbali mnulis.. syukron


    • kangmoes

      sama2 mbak yu.


  • siti Nurrohmah

    terimakasih ya info.a…


  • teofilussinaga

    coolllllllllllll
    banet


  • girsang

    thanks banget…informasinya. Kadang2 kita terlalu rumit utk mikirnya, akahirnya sulit sendiri, dan memang hrs dicoba-dan dicoba menuangkannya dalam tulisan.


  • rieFaa

    makasiie info_a


  • Iin pw

    Mkash smga lebih sukses lagi.


  • AE 45 LI

    trm ksh infonya, sy jd dpt tambahan informasi….


  • Mr.Tom

    Thank you semuanya. Saya menjadi lebih faham tentang opinion. I don’t understand what is opinion. Saat saya membacanya, saya langsung faham. This is so good for people who don’t understand what is opinion.

    Sincerely
    Mr.Tom


  • andrian

    trimakseh atas infonya yaaa!!!
    berkat artikel ini, tugas kami telah selesai. klo tdak bisa pusing keliling aku nyari tugas opini


  • zzzz

    saya mencari pengertian OPINI ….


  • erida

    terimakasih,info di atas membuat saya ga pusing lagi menyelesaikan tugas dari dosen,,hu..huu…


  • fitria otay

    pengertian opini kepanjangan tuh ,,,
    hehehe


  • muhammad husna

    syukron kastir ats infonya…


  • Athiya

    Thanks a lot ats infonx…


  • eka niyanti

    informasinya sgat mendukung thx yaaaa


  • nur

    goooooooooooooooood


  • ery

    that’s right


  • purwanto

    thank’s ilmunya,ini buat siswa kami yang berkebutuhn khusus.se X lagi trims.


  • erlinda

    saya selalu kesulitan didalam membuat sebuah opini, boleh juga tu sarannya


  • ariando

    mantabbb…


  • catrin

    informasi yang sangat penting n berguna bagi saya. mksh


  • Jamaris Online

    Informasinya sangat bermanfaat, sukses selalu sobat. Salam kenal!


  • triapsaricahyandini

    artikel ini sangat bagus dan bermutu


  • muhammad salman

    yang dimaksud dgan opini laporan keuangan itu apa ya…….


  • Syamsul fuad

    wah,,,gtu ternyata,,,makasih sob


  • wahyuuu

    kitha masih bingung apa yang dinamakan opini,,,
    karena..
    banyak pendapat tentang opini,
    ada yang mengatakan kalau opini itu pendapat ada juga yang mengatakan kalau opini itu kata kiasan.


  • NIRA

    BAGUS


  • Bruno

    Makasih ya…>!


  • Bruno

    mantap!


  • Musa

    Sekarang jd paham makna dr opini.. Terima kasih


  • wendri

    waduuuuuh makasih bngat gra2 bca artikel ini sya jdi bisa mengerti apa yang di smpaikan pak pda hari kemarin ….. thanks info nya …….


  • ela

    terimakasih..


  • Penny kusuma wardani

    Mksh ats informasi.ny,
    emang ia terkadang sulit untk menyatakan opini,tp sbnr ny opini itu tak jauh dari kehidupan kita sendiri


  • bayu

    Mantap. bener nih yang gw cari.


  • merryykp

    dengan gini aq jadi mudah ngerjain tugas q


  • alaiddin dawod

    Terikasih sesudah saya baca, jadi termotifasi untuk belajar menulis..mohon do’a ..nya.


  • ari saputra

    terimakasih atas infonya,,,


  • irfan saputra

    bagus