Pengertian VGA sebenarnya mengacu pada beberapa hal. Dalam konteks resolusi monitor, VGA mengacu pada suatu standar antarmuka untuk tampilan pada layar atau monitor. Dalam hal ini VGA merupakan singkatan dari ‘Video Graphics Array’. Jika diterjemahkan secara bebas menjadi susunan grafis video. Sebuah VGA hanya mendukung resolusi sampai 640 x 480 piksel / pixel.

Dalam kehidupan sehari-hari, barangkali kita sering berhubungan dengan istilah VGA ini ketika kita menggunakan HP dengan kamera. Entah itu ketika kita sedang membeli HP baru atau ketika sedang ingin memotret menggunakan kamera HP. Biasanya di sana terdapat beberapa menu resolusi yang berawal dari resolusi VGA. Nah dalam hal ini, VGA adalah resolusi 640 x 480 piksel. Sampai artikel ini ditulis, sebagian kamera HP sudah mempunyai kemampuan diatas VGA, bahkan sampai beberapa mega piksel.

Dalam konteks lainnya, VGA juga merupakan singkatan dari Video Graphic Adapter pada komputer. Pengertian VGA ini mengacu pada konektor VGA 15-pin yang sampai artikel ini ditulis, masih banyak digunakan untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Tanpa komponen video, komputer tidak akan bisa dilihat outputnya (Sebagaimana tanpa komponen audio, komputer tak bisa bersuara).

Pembahasan mengenai pengertian VGA ini tidak bisa lepas dari pembahasan mengenai kartu VGA atau VGA card.

Kartu VGA atau VGA card ini memiliki banyak sebutan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga jangan heran jika ada orang lain atau penjual di toko komputer yang menamai kartu VGA dengan nama lain, misalnya:

  • Kartu video / video card
  • Kartu grafis / Graphics card
  • Adaptor grafis / Graphics Adaptor

 

Dan masih ada istilah-istilah lainnya, Jadi jangan bingung jika dalam pembahasan ini nanti, kami menyebutnya dengan salah satu nama diatas. Karena semuanya mengacu kepada produk yang sama. Intinya fungsi VGA card adalah me-render gambar yang akan ditampilkan ke monitor komputer.

Ada beberapa jenis VGA card di komputer modern. Pada saat artikel ini ditulis jenis VGA card yang sering digunakan adalah sebagai berikut;

  • Kartu video onboard

Kartu video onboard sering disebut juga sebagai VGA card onboard, yaitu kartu video yang menancap di motherboard secara langsung. Kartu video ini termasuk tipe video adaptor yang cukup praktis. Dalam hal keperluan daya, VGA card onboard ini akan mengambil daya dari komponen lain terutama memory. Hal ini dapat dimengerti karena umumnya kartu video onboard tidak dibekali chip memory sendiri.

Untuk melihat apakah jenis kartu video di komputer Anda jenis onboard sangat mudah. Anda tinggal melihat bagian belakang komputer. Lihat apakah ada port video card. Biasanya port untuk video card onboard adalah DB-15. Dinamakan DB-15 karena jumlah lubangnya 15 biji. Bentuknya hampir mirip seperti serial port atau paralel port, namun dengan jumlah lubang yang berbeda. Selain itu, kebalikannya, port ini tidak punya pin, tetapi lubang. Atau cara lain yang lebih mudah adalah dengan melihat di manual dari motherboard / mainboard yang anda beli, apakah kartu video Anda onboard /  tidak?

Kelebihan jenis VGA card onboard adalah terletak pada kepraktisannya. Selain itu, jenis VGA onboard juga lebih murah, karena begitu kita membeli mainboard, kita sudah sekaligus mendapatkan kartu Videonya.

Hanya saja, memang kartu VGA onboard memang tidak bisa dibandingkan dengan kartu video mahal yang tidak onboard. Namun semuanya kembali kepada kebutuhan dari komputer yang akan kita gunakan. Jika kita hanya menggunakan komputer untuk pekerjaan kantoran semisal mengetik di MS word atau MS excel, maka jenis VGA card onboard saya rasa sudah lebih dari cukup.

  • Kartu video jenis AGP

Jenis kartu video kedua ini mempunyai kepanjangan “Accelerated Graphics Port”. Sesuai namanya, slot ini awalnya diciptakan untuk mempercepat kecepatan transfer data dibandingkan slot PCI( Peripheral Component Interconnect).

Slot AGP yang khusus digunakan untuk kartu video ini pertama kali dikembangkan oleh Intel. Sejak dikenalkan AGP, slot PCI yang dahulunya digunakan sebagai slot untuk menancapkan kartu video mulai tergeser karena AGP memungkinkan peningkatan performa yang diperlukan untuk dunia game dan video.

Karena adanya AGP ini, kehadiran kartu video berbasis PCI sekarang sudah langka dan bisa dibilang punah. Sekarang kartu AGP sudah menjadi standar. Banyak motherboard yang mendukung slot AGP serta sekarang juga makin banyak yang PCIe.

AGP memang jauh menguntungkan dibandingkan dengan PCI. Sebabnya adalah bandwidthnya lebih besar sehingga pemrosesan grafis akan lebih cepat dan akan mengurangi beban kerja prosesor

  • Kartu video jenis PCI Express video adaptor

Jenis ketiga dari kartu video yang ramai beredar di pasaran adalah PCI Ekspress, namanya disingkat PCIe. PCIe sebenarnya merupakan pengembangan dari PCI.  PCIe mampu menghasilkan peningkatan bandwidth secara signifikan, bahkan lebih cepat dari AGP sekitar 2,5 kali lipatnya. Semenjak diperkenalkan hingga sekarang, PCIe sudah mulai terlihat menggeser dominasi AGP.

 

Selain ketiga di atas, masih ada yang lain, seperti yang menggunakan PCI biasa atau ISA. Namun keduanya sudah jarang ada di pasaran, selain karena teknologinya sudah usang, juga ketersediaan barang hampir dibilang tidak ada lagi. Salah satu alasan mengapa barang yang sulit didapat jarang dipakai adalah jika mengalami kerusakan, susah menggantinya. Diluar itu semua, saya berharap ulasan mengenai pengertian VGA ini dapat berguna bagi kita semua.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda. Lihat caranya

  • Spaniard Blog

    Sedikit Koreksi gan !!
    VGA tidak hanya sampai resolusi 640*480 Pixel saja , Bahkan cakupannya lebih tinggi lagi hingga 1920×1080 Pixel.
    (Info = http://en.wikipedia.org/wiki/Video_Graphics_Array )

    BTW Nice Posting gan ..
    Salam Blogger,


  • HARTININGSIH

    terimakasih yyaaaa.,,,
    artikel yang saya cari ada disini


  • NILA ASTHY

    Kalau artikelnya dipindahin kehp bisan ngGAk,c0z nulisnya bnyk, tolog d’aturin ya, bwt tgs tik,please


  • ndha thea

    bagus