Pengertian system atau pengertian sistem menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah Perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Pengertian sistem lainnya adalah susunan yang teratur dari pandangan, teori, asas dan sebagainya. Sistem atau system juga dapat diartikan sebagai “metode”. Dari sini, kita bisa menyimpulkan bahwa secara umum sistem adalah sekumpulan hal yang memiliki hubungan diantara mereka.
pengertian-system-sistemWikipedia menerangkan bahwa sistem adalah kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan, berasda dalam suatu wilayah dan memiliki item-item penggerak. Contoh yang paling umum diketahui untuk menjelaskan sistem adalah sebuah negara. Negara memiliki berbagai item penggerak seperti rakyat dan wilayah-wilayah yang mempunyai hubungan satu dengan yang lainnya.
Sebuah system pastinya mempunyai beberapa elemen. Biasanya elemen-elemen tersebut antara lain;
1. Objek, bisa benda fisik atau abstrak
2. Atribut yang menentukan kualitas atau sifat kepemilikan system dan objeknya. KBBI menjelaskan pengertian atribut sebagai; tanda kelengkapan, penjelas, sifat yang menjadi ciri khas, kategori variabel kualitatif (misal laki-laki, perempuan), ciri atau sifat pada setiap benda
3. Hubungan internal diantara masing-masing objek system
4. Lingkungan tempat system tersebut berada
Jika menengok wikipedia, kita bisa mendapati beberapa pembagian jenis sistem. Jenis system tersebut antara lain; sistem terbuka, sistem tertutup, sistem fisik dan sistem non-fisik. Pengertian sistem non fisik bisa dijelaskan seagai konsep atau gagasan yang berisikan ide-ide.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda. Lihat caranya

  • jansen

    lumayan buat nambah referensi


  • nurul ashar

    makasih


  • seftiani rahmatika

    aku butuh isi web ini :)


  • eka wahyuni

    top banget


  • fikri nur iman

    bagus, pas dengan apa yang saya cari