Entah sejak kapan pengertian Global masuk dalam kamus besar bahasa indonesia. Dalam KBBI, definisi global dapat diartikan dalam beberapa hal antara lain;
pengertian-global1. Global diartikan sebagai “secara umum dan keseluruhan” atau “secara bulat” atau “secara garis besar”
Misalnya jika digunakan dalam kalimat; “Menteri pertanian memberikan penjelasan secara global kepada para bawahannya.” Kata global di sini diartikan sebagai “secara garis besar”.
2. Global diartikan sebagai “bersangkut paut, mengenai atau meliputi seluruh dunia”
Misalnya dengan imbuhan “me-” menjadi “mengglobal” dan digunakan dalam kalimat seperti; “Persebaran demam bola sudah mengglobal, tidak peduli pria maupun wanita”.
Lantas bagiamana pengertian global menurut bahasa inggris? Sebagai referensi, kita mengambil definisi kata global menurut kamus Oxford. “Global is covering or affecting the whole world” atau jika diterjemahkan secara langsung; “Global adalah mencakup atau mempengaruhi seluruh dunia”.
Dari definisi global menurut kamus oxford diatas, kita bisa mengetahui bahwa definisi asal dari kata global sebenarnya hanya cocok dengan definisi global yang kedua dari KBBI. Namun yang semacam ini memang sering terjadi, sebuah kata serapan menjadi bermakna lebih banyak daripada makna dalam bahasa aselinya. Dalam hal ini kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian global mengalami perluasan makna.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda. Lihat caranya

  • abd gaffar

    tidak kutau saya apa itu blobal?(tulis komentar anda di sini)


  • wijayahabeahan

    tolong beri penjelasan yang benar kepada saya


  • Salwa Azahra

    Maksudnya apa ya?