Disadari atau tidak, kadang kita biasa bertemu dengan kalimat bebas dan kalimat terikat biasa terdapat dalam artikel. Pembentukan artikel tidak terlepas dari pembentukan paragraf. Dan dalam paragraf, biasanya ada kalimat bebas dan kalimat terikat. Kalimat bebas disebut mungkin disebut juga sebagai kalimat topik  sedangkan kalimat terikat disebut kalimat pengembang. Kalimat bebas adalah kalimat yang berdiri sendiri dan keberadaannya tidak bergantung pada kalimat lain.

Kalimat terikat keberadaannya bergantung pada kalimat yang lain dan harus saling berhubungan atau kait mengait antar kalimat satu dan yang lainnya atau biasa disebut padu. Selain itu, kalimat terikat harus kompak mendukung kalimat bebas atau biasa disebut bersatu (koheren).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kalimat bebas biasa disebut kalimat topic sedangkan kalimat terikat biasa disebut kalimat pengembang. Kalimat bebas adalah kalimat yang berdiri sendiri. Sedangkan kalimat terikat keberadaannya tergantung pada kalimat lain.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda. Lihat caranya

  • susi susanti

    ga bs download