Definisi artikel atau pengertian artikel dibahas oleh berbagai tulisan dan literatur, namun menurut kangmoes, definisi yang paling ringkas dan paling sederhana adalah definisi artikel menurut kamus besar bahasa indonesia. Menurut KBBI, pengertian artikel adalah “karya tulis lengkap” misalnya laporan berita atau esai dalam majalah. Menurut definisi ini sebuah artikel idelanya membahas seluk beluk suatu tema secara tuntas.

pengertian-artikelOleh karena itu, beberapa orang kemudian mencoba untuk merinci ciri-ciri sebuah artikel, yakni;

1. Lugas

2. Logis

3. Tuntas

4. Obyektif

5. Cermat

6. Jelas dan padat

Akan tetapi, karena tidak ada aturan baku sebuah artikel harus begini dan begitu (setidaknya sampai saat ini kangmoes belum menenmukannya) maka sebagian orang menyanggah pendapat mengenai ciri-ciri artikel diatas karena penulisa artikel bisa tergantung karena tujuan dituliskannya artikel. Tujuan penulisan artikel paling misalnya;
1. Tujuan Penugasan
Misalnya seorang siswa sekolah yang diberi tujuan untuk menulis sebuah artikel.
2. Tujuan Informasi
Artikel yang tujuannya semata-mata untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai sebuah hal.
3. Tujuan Persuasi (membujuk)
Artikel yang mengulas sesuatu hal yang didalamnya terkandung muatan pembujukan kepada pembaca untuk melakukan suatu hal atau membeli suatu barang. Misalnya artikel tentang diabetes yang terselip materi promosi akan suatu produk bebas gula yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Secara tidak langsung, ini menjadi sanggahan akan ciri obyektif sebuah artikel yang telah disebutkan diatas.
4. Tujuan Entertainment
Artikel yang tujuannya untuk menghibur pembaca.
5. Tujuan Eksistensi
Artikel yang ditulis untuk menjadi penegasan diri atau untuk menyatakan eksistensi diri penulis kepada pembaca.
6. Tujuan Kreatif
Artikel yang ditulis untuk penyaluran suatu ide.
7. Tujuan Pemecahan masalah
Yakni artikel yang ditulis dengan tujuan membantu pembaca memecahkan permasalahan yang dihadapi.
Namun menurut kangmoes, batas-batas dari penulisan artikel bisa menjadi lebih luas lagi. Dengan kata lain, definisi artikel atau pengertian artikel bisa pula tergantung konteks keilmuan yang dihadapi oleh penulis artikel.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda. Lihat caranya

  • dini widya

    uuuuuuuuuuuuuu


    • kangmoes

      salam “u”


  • hera

    makasih bangett ya Kang..
    bermanfaat banget ni


  • Ikhsan Madjido

    terima kasih infonya. salam kenal


  • faeshal

    hmmmmmmm
    Berguna !
    Makasih yaaaaa !!


  • hera muharam

    makasih kang infonya membantu sekali


  • tiyut

    syukron…. infonya…..


  • dante danuarta

    bagus infonya


    • HAJRA

      thanks bnget infonya yahhh…. ;)


  • tubagus

    siippp


  • lie bhie chan

    waaaaahhhh……thx y info nya,
    tapi saya msih bingung maksud dari karya tulis lengkap itu yang bagaimana?

    bukankah artikel dengan karya tulis itu berbeda……


  • Riswani

    Sebaiknya jumlah kata dalam menulis artikel harus berapa kata mas yg baik ?.
    Jumlah kata dlm abstrak harus berapa kata ?
    Terima kasih ya !


  • dianemon

    thanks banget….. sipz lah… sangat berguna….


  • stella dewi purnama

    terima kasih atas informasinya…

    tapi..
    saya masih sulit untuk membuat artikel yang ditugaskan kepada saya…:-))


  • abilyudi

    good idea, bravo. Salam kenal


  • mus

    saya kesulitan membuat artikel,apalagi mgunakan bhs.igrs,,,meranngkai kta yg mnarik aj msh sulit,tapi aq puengen….bisa.gmn ya kang?


  • ndach

    sebenernya artikel itu kaya ap ci?????
    bingung deh……

    contoh spesifikny DUN….


  • Meiiii

    Ehmmppttt, , , mkasiiihhhhhhhhhhhh eaowhhh info’nya
    chalam kenall eaaa/. . . :-)


  • ranti

    thank’s informations


  • ABRORI

    SAYA MASIH SULIT MEMBUAT ARTIKEL YG DI TUGAS KAN OLEH GURU SAYA DAN TERI MA KASIH BANTUAN NYA SALAM KENAL ABRORI


  • ABRORI

    SAYA PADA HARY INI SUSAH BAGAI MANA CONTO-CONTO ARTIKEL BAGAI MANA YA MOHON BANTUAN NYA salam dari peng gemar point blank
    PB(POINT BLANK)


  • apip

    yang saya butuhkan artikel arti dari pemahaman konsep,, bkan cara membuat artikel,,,


    • kangmoes

      kalau begitu kang apip salah masuk :)


  • phieypie mbem

    mkch wat infony..,


  • nandaaa

    tengs dan ..
    berguna banget nih buat nyelesein tgas bahasa indonesia …
    :)


  • Rika

    thank’s for information


  • agus

    kang masa dosen ane bilangnya perbedaan artikel sama berita itu, kalo berita di akhir nya cuma menyantumkan inisial nama.
    trus kalo artikel itu nama lengkap…
    gimana penjelasanya


  • Rudi.S.L

    kang kasih tw dong bentuk artikel tu gimana……..


  • nia ravenia

    thank….


  • annisa

    apa artikel yhu?


  • sinatra bobby

    mohon diperjelas lagi tenyng artikel peta (pengertianya)


  • yuli ramadani

    penjelasan.y sangat membantu…

    thank’you…^_^


  • ovie

    sgt mmbntu pljr SMA
    thks 4 all


  • bigy

    thanks


  • lamb

    mas ,bisa kasih tau kagak apa beda artikel sama berita ?


  • zahra

    Bagus dan perlu contoh artikel yang berkaitan dengan pendidikan tinggi thanks


  • dali

    mas ikut nelink ya..makasih.


  • lyana pasha

    give more dng!!!!!!!


  • randy

    bgus
    slam kenal
    add me


  • mita

    tolong dikasih contohnya si…


  • emy

    thanks ya kang infonya, bagus…


  • Afnheeiyy

    thank`ss yachh
    jdiy tgaskuw tmbah lancar dechh


  • romi

    bagus


  • EvVa NovVitaa

    thanks 4 all .. :)


  • ikhwan

    sya pd awl na bngung …..
    apa tu artikel???pa la kl dksih tgas !!!
    tp skr da mngrti , apa tu Artikel.


  • kasmadi

    tq ya infonya…
    gw jadi lebih paham


  • zia

    good, makasih ya atas infonya


  • Annisa

    klo unsur” dre artikel apa yy??


  • mindayu

    bantuuu bgt, makasih banyak,


  • atiqoo

    suwun sangeeet kang!!!!!!


  • dhcqae

    yah, sayang sekali, pada kurang lengkap


  • darwati

    makasih, aku mendapat jawaban dari pertanyaanku


  • narita

    thanks ea atas info.a


  • chintyaa

    wow :D sangat membantu aku bangett :) makasiih yaa~


  • Manisah

    Thank’s ya infonya…


  • Mutiara lalalala

    goooddddddd :bd


  • ratih

    thank’s bwt infox, tapi ni termasuk artikel bukan ” middle-aged women happier with exercise”?


  • GUSLIM

    GOOD JOB…. KAMU UDA BANTU AQ DLM TUGAS2KU


  • i can not name

    thanks..


  • raja

    artikel ya !


  • erwin

    makasih …..!!


  • Sri Zubayidah Ruslan

    .. Makasih eah atas infonya,,,,,
    .. Info ini berguna bgt untuk indha…..:)


  • tika audina

    artikel,,,
    kurnk ngrti msec thika,,
    tp ad msuk uga ilmu stelh d jlz khn,,


  • vinzoe

    mkasiiihhh,, udh terbantu tugas saya …
    semoga sukses ya ..


  • ABID

    jane d bri contoh na dunx boz…
    byar lbih jelas bgi orang yg otak nya krang jonkok
    hahaha


  • Toki Tokek Tokek

    halo salam kenal aja MAs …..


  • celsia kalsum

    thank banyak atas infonya….tpi lbih baik lgi klw disertai dgn contoh.so…ng akn ad lgi keterbingungan mngenai artikel


  • Weicing

    thank’s atas info.a saya jadi lebih mengerti tentang artikel karena sya ditugaskan untuk membuat artikel tentang ekonomi…


  • farra

    1. hal-hal apa yang dapat mempengeruhi artikel?
    2. berikan contoh artikel dalam segala bidang!
    greatfull!!!


  • ria

    thx,,,,,
    tapi aQ masih bingung


  • mia

    bagaimana cara penulisan artikel yang baik dan menarik?thanks


  • iden somala

    owhhhhhh begitu…


  • lim

    kang moes bedanya berita yg di koran sama artikel apa ya? kalo ada yg tau jawab ya


  • rhey

    makasih,,, walau penjelasnnya singkat namun saya dapat menyelesaikan tugas yang ada


  • hasan_keren

    aku sefaham ma yang lain, klo diberi contoh satuuuuuuuu aja, akan lebih mengerti lagy aku.


  • hasan_keren

    aku juga mo tanya lagy,artikel bagiy pemula seperti aku ini yang bertujuan mencari info bisnis wat diri ku sendiri harusnya yg seperti apa sich kang moes??


  • armi

    penjlasan yg lebih komplit


  • bojess

    bagus & sangat membantu


  • Asep Garyadi

    Terima kasih infonya tentang pengertian artikelnya…


  • ikhariiska

    niie krang mengertii karna tidak di sertaii dengan contoh yg jelass


  • Fardi w

    i like it
    makasi yaaaaaaaa


  • elia elie Wenda

    Baik, trimakasih ya,,,,,,,,,,,


  • nis yunista kirana

    Trmksh
    moga jadi seperti yang kita harapkan.


  • irfan al-frasetia

    ( cukup lugas penjelasan’ya , harus’ya lebih singkat tapi secara detail )


  • ai masitoh

    saya stuju dengan pendapat anda namu karya ilmiah anda kurang lengkap coba anda tambah dan lengkapi


  • Selly

    Terima kasih kang infonya.. Sangat membantu


  • natalia

    bagus


  • awantz chodetz

    thanx y gan, lumayan lah dr tadi’e gk tau skrg jd tau. Tp msh hrz nyari lg yg lebih signifikan


  • oemar shie regard

    Infonya sngt mmbantu saya dlm mmduat sebuah artikel.
    mksh bngt yeachhh….
    slm knl wat mua….


  • Acef

    Makasih atas info’x ya..
    ini berguna buat nambah wawasan.


  • NOVI

    GOOD …


  • yoga

    kakakakaka


  • Nurr Thats Light

    artikelnya tambah lagi donggg…


  • dini

    bgaimana sich cara menulis artikel bahasa bantu dan pengajaran diekolah ?


  • Hendro Mhd

    salam kenal?

    kamsiah atas infonya

    salam sukses


  • ADINDAKARTIKA SARI

    BISA” BERMANFAAT JUGHA NIEH


  • bima

    TRims… KK Info na.


  • bima

    trims. infona


  • Lian panjaitan

    Tolong kirimkan satu contoh artikel lengkap dgan cra penulisan yg baik dan benar.
    Thank’s ya.


  • Arfidin

    Puaaaaaasss…
    Puaaaaaasss…
    dgAn jwAbanx….Skrg Q lbHee tw tntAng Artikel…?!


  • RISTA

    BAGUSSSS


  • mechie

    assalamualaikum… terimakasih y.. infonya sangat bermannat banget.. smga d balas Allah SWT y amienn


  • nimas

    Owh ,,,,,,

    Terima kasih y ,,,,


  • anisa kirani

    woy ngapain lo di sini


  • arie

    aa


  • hafiz novialdi

    sangat menarik dan sangat membantu menyelesaikan tugas kuliah


  • kaka

    sangat berguna bgt


  • marsela arfina

    mksh ya,,,tgas saya,,,sdah bisa lbh di perbaiki


  • agus kuncoro

    Bagus dan terima kasih, smg bisa dibahas contoh artikelnya.


  • ady

    gan ini di terbit thun brap? thanks gan


  • panji ramadhan

    keren !!


  • panji ramadhan

    keren


  • avelyna

    thank’s yee:)
    bermanfaat banget


  • Anii chee zuteexx thea

    Sukron


  • NURLAILI

    Sebenarnya saya ngak tahu mau ngomong apa , disini saya hanya ingin mengetahui lebih rinci mengenai artikel , karena ini merupakan tugas pertama saya dalam mennullis artikel ,, jadi saya belum faham tentang apa itu artikel dan bagaimana sich cara membuatnya …./


  • resti sandra dewi

    pliss perlu ni


  • Hardika prasetya

    bagus
    dan terikasih


  • rezky andriani

    baik…


  • yuni

    bagus


  • melysa

    ok


  • IRA

    terima kasih atas infonya.


  • bing

    oks