Beberapa waktu yang lalu, lagi lagi kangmoes bertemu dengan orang yang rancu dalam membedakan antara keponakan/kemenakan dengan sepupu. Cerita ini agak didramatisir untuk melindungi identitas pelaku eh tokoh.

beda keponakan sepupu‘Ada yang mau ndaftar kerja disini lagi to Nem?’ Tanya kangmoes pada salah satu kenalan kangmoes, sebut saja namanya Painem dipanggil Inem.
‘Keponakan saya kang.’ jawab si Inem.
‘Hah keponakan?’ Batin kangmoes
Bukanya kamu itu baru berumur 20 tahunan. Kok sudah punya keponakan yang siap kerja? Berarti umur keponakan kamu itu hampir sama dengan kamu dong. Bukannya kakak kamu yang tertua itu umurnya baru 30an tahun? Kok bisa. Kangmoes jadi penasaran, tapi kangmoes tidak melanjutkan pembicaraan.
Di lain kesempatan kangmoes bertanya pada ibu Kangmoes yang lebih mengetahui seluk beluk keluarga si Inem.
‘Mbok, memangnya si Inem itu punya ponakan po?’
‘Punya, lha kakaknya Inem itu kan punya anak?’ jawab ibu kangmoes yang malah membuat kangmoes semakin penasaran.
‘Si Fitri? Tapi dia kan masih sekolah SD, kok mau ndaftar kerja bareng si Inem?’ tanya kangmoes lagi.
‘Yang mau kerja bareng Inem itu si Endah, anak dari pakdenya Inem.’ jawab ibu kangmoes.
Oalah. Ternyata si Inem kemarin salah dalam memakai istilah. Anak dari pakde/paman itu kan disebut sebagai sepupu, bukan keponakan. Kalau keponakan adalah anak dari kakak kita, atau anak dari adik kita. Satu lagi orang yang rancu dalam membedakan istilah keponakan dan sepupu. Jadi setiap kali kangmoes mendapat cerita tentang seseorang yang bicara soal keponakannya, kangmoes akan mengkonfirmasi ulang: ‘yang kamu maksud itu keponakan atau sepupu?’ Karena keponakan beda dengan sepupu.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda. Lihat caranya

  • kus

    nice inpo gan :ngakak


  • hari tri h

    hah ha ha brarti si inem ga tau bedanya keponakan ama sepupu brati sama dengan ane gan, makanya ane googling cari info ini, sbab ane jg bingung sekarang dah nemuin artikel ini jadi ngerti trims kang moes atas artikelnya…


    • kangmoes

      iya. salam ngakak aja deh :D


      • ali

        kangmoes yth
        kalau putri (anak perempuan) dari saudara sepupu mau menikah,saya mau sebut dia sebagai apa di karangan bunga.terima kasih pak saya mohon jawabannya segera,terima kasih


        • kangmoes

          menurut saya itu dia termasuk kemenakan / keponakan juga. karena asumsinya adalah bahwa kedudukan sepupu dalam gambar pohon keluarga hampir sejajar dengan kakak atau adik kita.


  • andik purniawan

    hahaha lucu3x
    sama ne ua juga bgung mu naruh daftar kLUARGA d fb kep0nkan atau sepu2 jdinya liat aj hehehe thanks yaw :)


  • Goldwin

    wah…
    berguna banget infonya…
    thx bro ^^
    akhirnya gw bisa ngerti dah =D


  • hendy

    oh, gitu toh bedanya