Ketika kangmoes masih duduk di bangku SMP, kangmoes pernah mendengar sebuah ceramah tentang pewayangan dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Di sana kangmoes juga mendapat wacana tentang asal kata nama-nama Tokoh Punakawan. Nama-nama Punakawan seperti Bagong, Petruk, Gareng, Semar dipercaya dari bahasa Arab.
gunungan wayang
Belakangan kangmoes mendapat wacana seperti ini lagi ketika membaca kolom opini di Kompas, Rabu 3 Maret 2010. Di sana terdapat opini Sujiwo Tejo, yang meskipun membicarakan kasus bank Century, namun sedikit banyak menyinggung asal muasal nama-nama tokoh punakawan yang konon berasal dari bahasa Arab.

Kata Bagong berasal dari kata Bagho yang artinya “suka membantah”
Kata Gareng berasal dari kata Ghoiron yang artinya “yang berbeda”
Kata Petruk berasal dari kata fatruk yang artinya “yang meninggalkan”
Kata Semar sendiri tidak terdapat dalam opini Sujiwo Tejo tersebut. Namun kangmoes pernah mendengar bahwa Semar berasal dari kata “samara” yang artinya “ghaib”.

Terdapat penjelasan-penjelasan lebih detail mengenai arti dalam bahasa arab akan nama-nama tokoh punakawan (Sujiwo Tejo mengatakan bahwa yang benar adalah: Panakawan atau kawan yang menerangi) tersebut, namun kangmoes belum begitu ingin mendalami tentang pewayangan. Karena sebagian orang banyak menyangkutkan pewanyangan dengan hal-hal yang menurut kangmoes menjurus pada klenik. Meskipun kangmoes pernah mendengar bahwa cerita pewayangan adalah cerita nasihat yang dibangun walisanga untuk menanamkan nilai-nilai keislaman pada masyarakat. Tapi sekali lagi tapi. Tanpa bekal pengetahuan yang memadai, kangmoes khawatir masuk dalam syirik, menyekutukan Alloh, tuhan semesta alam.
Oh ya, di paragraf sebelumnya kangmoes menggaris bawahi kata konon untuk mempertegas bahwa informasi yang kangmoes dapatkan ini bukan melalui serangkaian penelitian. Ini adalah wacana. Jadi jika anda ingin menggunakan informasi diatas sebagai bahan tulisan, setidaknya anda perlu melakukan kroscek dengan literatur lainnya. Tapi diluar itu semua, kangmoes tetap berharap bahwa wacana tentang asal kata nama tokoh panakawan / punakawan diatas bermanfaat bagi anda.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda. Lihat caranya

  • dewa nakal

    sebetulnya yg d maksud ta terlihat ada lah klenik..atau gaib…saya tertarik dgn dunia pewayangan ada yg belum saya mengerti tentang arti dr nama2 tokoh astina pura..kalau berkenan sudilah memberikan smua arti nama2 tokoh pewayangan tsb trima kasih