Waktu dhuha atau waktu shalat dhuha setahu kangmoes memang tidak dijelaskan secara detail di dalam Al Quran maupun hadits jam berapa sampai jam berapa. Namun menurut kangmoes, justru ini malah relevan dan malah bersifat universal. Mengapa? Karena tidak semua tempat pada jam yang sama memiliki terang matahari yang sama.
waktu Shalat DhuhaSebagai contoh, berdasarkan referensi yang pernah kangmoes dapatkan waktu SMA dulu, dari seorang kakak kelas atau guru (kangmoes lupa), jika buka puasa di sini sekitar jam 18.00, maka di Perancis (aduh kangmoes lupa, perancis atau mana ya?) sana, magrib baru tiba sekitar jam 21.00 pada musim tertentu.
Waktu itu kangmoes langsung membayangkan gimana jadinya kalau puasa segitu lamanya. Yah kangmoes yakin, semua ada hikmahnya.
Btw setelah mencari di beberapa buku, kangmoes mendapat pentunjuk mengenai waktu shalat dhuha di buku ENSIKLOPEDI SHALAT karya SYAIKH ABU MALIK KAMAL. Di buku itu disebutkan bahwa waktu untuk mengerjakan shalat dhuha di isyaratkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Zaid bir Arqam bahwasanya Nabi saw. bersabda:

‘Waktu shalat orang-orang yang melaksanakan ketaatan (shalat dhuha) adalah ketika kaki anak unta merasa panas’.(hadits shahih riwayat muslim dan ahmad).

Dalam buku itu, Syaikh Abu Malik menjelaskan bahwa waktu tersebut adalah ketika matahari mulai memancarkan sinarnya dan nembuat tanah mulai panas. Sehingga kaki anak unta merasakan panasnya tanah tersebut. Hal ini terjadi sebelum matahari tergelincir (zawal) beberapa menit.
Di dalam ensiklopedi shalat tersebut juga disebutkan bahwa waktu shalat dhuha dimulai sejak matahari naik dan berakhirnya waktu dimakruhkan melaksanakan shalat hingga sebelum tergelincirnya matahari dan sebelum masuk waktu dilarangnya shalat menurut keterangan jumhur.
Sekali lagi dalam pernyataan2 tersebut, kita tidak mendapati jam berapanya waktu shalat dhuha. Kenapa? Karena seperti yang disebutkan di atas, waktu terbitnya matahari saja bisa berbeda antara daerah (misalnya) tropis dengan daerah sub tropis. Tapi dari uraian2 diatas, kangmoes berharap bisa membantu anda dalam menentukan waktu shalat dhuha di tempat anda.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda. Lihat caranya

  • islamwiki

    Allah Maha Tahu, kalau Alquran menjelaskan berbagai hukum secara detail, maka orang beriman akan susah melaksanakan segala perintah dan laranganNya.


  • rana

    mau tanya gan..soalnya suka susah menentukan waktu bearakhirnya ini..soalnya gak bisa mengukur tepat tinggi matahari..jadi misalnya kalo dhuhur ditempat saya jam 12.11 menit, pada jam setengah dua belas atau 11.30 bolehkah saya mengerjakan sholat dhuha?? sharingnya dong..biasanya sih tepat waktu antara jam 11 an gitu..nah karena ada sesuatu dan lain hal baru bisa sholat dhuha jam tersebut, dan kalo udah dijalani seperti itu apakah dan bagaimanakah hukumnya??