Arti Kata Lebay

lebay-gambar

Secara sederhana pengertian atau arti kata lebay adalah “berlebihan”. Sebenarnya definisi disini lebih pada kesepakatan bersama. Karena kalau kita cari di kamus besar bahasa indonesia (KBBI) kita tidak akan menemukannya. (Percayalah, kangmoes sudah membuktikannya :) )
Artinya, kita justru berpeluang lebih besar menemukan arti kata lebay jika kita tanya orang2 “gaul” disekitar kita. Dulu kangmoes sendiri menemukan arti kata lebay dari teman dekat kangmoes.
Meskipun tidak sama, pengertian kata lebay sebagai berlebihan, dapat kita padankan dengan kata hiperbol. Hiperbol ada dalam kamus besar bahasa indonesia dan didefinisikan sebagai ucapan atau kiasan yang dibesar-besarkan yang dimaksudkan untuk memperoleh efek tertentu.
Jika dalam sastra kita menggunakan kalimat-kalimat yang hiperbolis bisa menimbulkan efek positif maka lain halnya dengan kata-kata yang bersifat lebay. Kata-kata yang disifati “lebay” oleh anak-anak muda bisa menimbulkan efek negatif seperti ditertawakan, diejek atau dicemooh.
Tapi diluar itu semua, kangmoes merasa berlebihan juga dengan mencari arti kata lebay di kamus besar bahasa indonesia.


arti kata lebai, arti kata lebay, Arti lain dari kata lebay, pengertian lebay, pengertian lebay menurut kamus bahasa indonesia, apa arti lebay, pengertian gifo, prngertian lebay, raung artinya, penertian lebay

17 Responses

  1. elgi says:

    “makan tuh lebay !”kata seorang cwek saat aku ngegombal k dia.
    “cinta…, lebay itu sebagian dari iman lho………! kataku
    “mana buktinya ?” “kalo kita lihat dalil, lebay/berlebihan jelas gak boleh lah>>>>>>>> tapi kalo kita lihat para sufi ato kebanyakan yang sudah dekat dengan tuhan, mereka akan lebay kalo sedang berkencan dengan tuhannya. Baik dalam salat, berdoa, memuji, menghinakan diri dll, mereka cenderung tampak lebay bgt, why ??? karna dalam hati mereka dipenuhi akan cinta.”penjelasanku
    “kalo kamu jelas beda lah ! masak tiap sms, cintaku…rinduku…ai lop yu pul…, en banyak lagi gombalismemu yang basi itu,”balesnya dengan nada sewot. “lha wong cinta og !” kataku gengan mantapnya.”MAKAN TUH CINTA !!!” tut tut tut….bunyi tanda telponku diputusnya. So, aku benci dengan istilah L E B A Y……!!! karna lebay lah yang dijadikan tanda titik oleh cintaku setiap aku lagi ngegombalinya. **** You ,lebay !!!

    • Antonius says:

      kesannya mreka kalo lagi doa emang lebay tapi tiap kata” mreka tu maknanya dalem banget beda dengan para alayers yg tiap mreka ngomong gak jelas banget apa artinya

  2. muhammad ihsan says:

    broo,, gw suka artikelnya..
    izin sedot..

    http://www.greensdiary.wordpress.com

  3. Bintang says:

    Lebi” saya.bro.

  4. Syamuel Poetra says:

    he he mantap brow

  5. anang says:

    brarti jaman skr adalah jaman alay.

  6. eddy says:

    lebay berasal dari bahasa melayu minang kuno yakni dari kata ‘lebaih’ /melayu, atau kata ‘labaih’/minang. yang berarti lebih atau kelewatan. di perkampungan melayu sumatera mereka masih menggunakan kata ini. misalkan ada seorang anak di pukul ibunya dengan setangkai lidi tapi si anak menangis meraung-raung maka orang mengomentari dengan kata “tangihnyo lebaih/labaih nian” . artinya tangisnya kelewatan sekali. karena cuma di pukul pakai setangkai lidi.

  7. MASERI says:

    keren mas brooo…

  8. wimar says:

    aneh2 ya bahasa sekarang,gmana mau mengenalkan bahasa kita ma bangsa lain sedangkan bahasa kita aja udh di modifikasi sama anak2 yg ngakunya gaul

  9. usman binaffan says:

    acik anget bahaca lebay agi yang mengucapkan

  10. iba says:

    .,begutu menarik dan bagus

  11. Irfa says:

    Apa arti lebay bagi laki laki

  12. wawa says:

    jadi intinya lebay itu berlebihan.

  13. mohamad fajar sulaeman says:

    no coment

  14. alan says:

    Mungkin bagi mreka gk lebay gk lakuuuuuu..ha ha ha ha ha ha ha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *