Arti Kata Lebay

lebay-gambar Secara sederhana pengertian atau arti kata lebay adalah “berlebihan”. Sebenarnya definisi disini lebih pada kesepakatan bersama. Karena kalau kita cari di kamus besar bahasa indonesia (KBBI) kita tidak akan menemukannya. (Percayalah, kangmoes sudah membuktikannya :) ) Artinya, kita justru berpeluang lebih besar menemukan arti kata lebay jika kita tanya orang2 “gaul” disekitar kita. Dulu kangmoes sendiri menemukan arti kata lebay dari teman dekat kangmoes. Meskipun tidak sama, pengertian kata lebay sebagai berlebihan, dapat kita padankan dengan kata hiperbol. Hiperbol ada dalam kamus besar bahasa indonesia dan didefinisikan sebagai ucapan atau kiasan yang dibesar-besarkan yang dimaksudkan untuk memperoleh efek tertentu. Jika dalam sastra kita menggunakan kalimat-kalimat yang hiperbolis bisa menimbulkan efek positif maka lain halnya dengan kata-kata yang bersifat lebay. Kata-kata yang disifati “lebay” oleh anak-anak muda bisa menimbulkan efek negatif seperti ditertawakan, diejek atau dicemooh. Tapi diluar itu semua, kangmoes merasa berlebihan juga dengan mencari arti kata lebay di kamus besar bahasa indonesia.
arti kata lebai, arti kata lebay, Arti lain dari kata lebay, pengertian lebay menurut kamus bahasa indonesia, apa arti lebay, raung artinya, prngertian lebay, pengertian lebay, lebay adalah, lebay

17 Response(s)

  1. elgi says :

    October 27, 2010

    “makan tuh lebay !”kata seorang cwek saat aku ngegombal k dia.
    “cinta…, lebay itu sebagian dari iman lho………! kataku
    “mana buktinya ?” “kalo kita lihat dalil, lebay/berlebihan jelas gak boleh lah>>>>>>>> tapi kalo kita lihat para sufi ato kebanyakan yang sudah dekat dengan tuhan, mereka akan lebay kalo sedang berkencan dengan tuhannya. Baik dalam salat, berdoa, memuji, menghinakan diri dll, mereka cenderung tampak lebay bgt, why ??? karna dalam hati mereka dipenuhi akan cinta.”penjelasanku
    “kalo kamu jelas beda lah ! masak tiap sms, cintaku…rinduku…ai lop yu pul…, en banyak lagi gombalismemu yang basi itu,”balesnya dengan nada sewot. “lha wong cinta og !” kataku gengan mantapnya.”MAKAN TUH CINTA !!!” tut tut tut….bunyi tanda telponku diputusnya. So, aku benci dengan istilah L E B A Y……!!! karna lebay lah yang dijadikan tanda titik oleh cintaku setiap aku lagi ngegombalinya. **** You ,lebay !!!

    Reply
    1. Antonius says :

      May 22, 2012

      kesannya mreka kalo lagi doa emang lebay tapi tiap kata” mreka tu maknanya dalem banget beda dengan para alayers yg tiap mreka ngomong gak jelas banget apa artinya

      Reply
  2. muhammad ihsan says :

    October 15, 2011

    broo,, gw suka artikelnya..
    izin sedot..

    http://www.greensdiary.wordpress.com

    Reply
  3. Bintang says :

    November 7, 2011

    Lebi” saya.bro.

    Reply
  4. Syamuel Poetra says :

    December 17, 2011

    he he mantap brow

    Reply
  5. anang says :

    February 7, 2012

    brarti jaman skr adalah jaman alay.

    Reply
  6. eddy says :

    February 14, 2012

    lebay berasal dari bahasa melayu minang kuno yakni dari kata ‘lebaih’ /melayu, atau kata ‘labaih’/minang. yang berarti lebih atau kelewatan. di perkampungan melayu sumatera mereka masih menggunakan kata ini. misalkan ada seorang anak di pukul ibunya dengan setangkai lidi tapi si anak menangis meraung-raung maka orang mengomentari dengan kata “tangihnyo lebaih/labaih nian” . artinya tangisnya kelewatan sekali. karena cuma di pukul pakai setangkai lidi.

    Reply
    1. dono says :

      August 31, 2012

      hehe..macam2 bahasa, sungguh kaya indonesia kita ya? salam kenal

      Reply
  7. MASERI says :

    March 1, 2012

    keren mas brooo…

    Reply
  8. wimar says :

    March 18, 2012

    aneh2 ya bahasa sekarang,gmana mau mengenalkan bahasa kita ma bangsa lain sedangkan bahasa kita aja udh di modifikasi sama anak2 yg ngakunya gaul

    Reply
  9. nicko says :

    June 11, 2012

    hy

    Reply
  10. usman binaffan says :

    December 21, 2012

    acik anget bahaca lebay agi yang mengucapkan

    Reply
  11. iba says :

    January 17, 2013

    .,begutu menarik dan bagus

    Reply
  12. Irfa says :

    January 20, 2013

    Apa arti lebay bagi laki laki

    Reply
  13. wawa says :

    February 2, 2013

    jadi intinya lebay itu berlebihan.

    Reply
  14. mohamad fajar sulaeman says :

    March 5, 2013

    no coment

    Reply
  15. alan says :

    July 25, 2013

    Mungkin bagi mreka gk lebay gk lakuuuuuu..ha ha ha ha ha ha ha

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>